Berhasil Mencaplok Saham Freeport 51%, Ini Langkah Maju Jokowi

oleh -

Pemerintah Indonesia sudah memastikan akan mendapatkan 51% saham PT Freeport. Sudah ada kesepakatan, tinggal menunggu waktu tanda tangan saja, yang dijadwalkan akan dilakukan sore ini.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, langkah mencaplok saham PT Freeport Indonesia (PTFI) hingga 51% merupakan sebuah lompatan. Dengan dicaploknya saham Freeport Indonesia tersebut, penerimaan pajak hingga dividen bisa lebih besar.

“Ini sebuah lompatan kita harapkan nanti kita akan mendapatkan income yang lebih besar, baik dari pajak, royaltinya, dari dividen, dari retribusi. Sehingga nilai tambah komoditas tambang bisa dinikmati oleh kita semua,” kata Jokowi di ICE BSD City, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (12/7/2018).

Diakuisisinya saham Freeport Indonesia hingga 51%, lanjut Jokowi, mencerminkan bagaimana kepentingan nasional menjadi nomor satu.

“Kepentingan nasional harus dinomorsatukan. Termasuk teknis pembagian ke Menteri BUMN, (Menteri) Keuangan, (Menteri) ESDM,” ujar Jokowi.

Mengenai kesepakatan dengan Freeport Indonesia, Jokowi mengatakan bahwa semuanya sudah disepakati dengan PT Inalum (Persero).

“Namanya sudah deal, tinggal tanda tangan. Teknis masih ada di menteri,” ujar Jokowi.