Enterpreneur Jaman Now

oleh -

Agenda talkshow bertema wirausaha akan diadakan lagi oleh ISKA DKI Jakarta pada tanggal 6 Juli 2018.  Tiga bulan sebelumnya ISKA telah mengadakan talkshow bertajuk ‘TANGGUH BERWIRAUSAHA DI ERA DIGITAL’. Saat itu, walau talkshow berdurasi hanya sekitar satu setengah jam, namun mengusung tiga narasumber sekaligus.

Anton Gunawan, Chief Economist  Bank Mandiri sekaligus Executive Director dari Mandiri Institute membuka pemaparan dengan berbagai data yang ditampilkan dengan slide. Anton menjelaskan, saat ini dunia memasuki revolusi industri 4.0. Hal ini ditandai dengan hadirnya era digital, teknologi finansial dan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI).

Lalu ia menampilkan data-data yang sangat diperlukan bagi pelaku usaha ‘jaman now’ seperti aktifitas pemakaian telefon pintar di Indonesia, dimana penggunaan untuk media sosial adalah yang terbanyak, karakteristik tiap generasi, perkembangan teknologi finansial dan data-data lainnya.

Izak Jenie, CEO DAM Corp, Co Founder PT M. Cash Integrasi, Tbk dimana juga saat ini menjabat sebagai Dewan Pengawas Asosiasi Fintech Indonesia mengambil giliran kedua.  Diwaktu yang terbatas, Izak lugas bercerita tentang pengalamannya menerima proposal-proposal yang terkait wirausaha digital. Tiap minggu dia bisa menerima sepuluh proposal.

Dia mengatakan biasanya mem-bully-begitu ia sebut istilahnya- ide-ide proposal yang diterima. Dengan demikian ia bermaksud mengarahkan pembuat proposal untuk berfikir apakah idenya potensial untuk dikembangkan atau tidak. “Waktu itu ada yang mengajukan ide ambulan online kepada saya,” kata Izak.

Ia melanjutkan, “Mereka mengatakan, kalau ada yang sakit perlu ambulan, memerlukan aplikasi itu untuk mencari ambulan terdekat.”. Lalu setelah Izak mem-bully ide itu, baru mereka berfikir potensi keberhasilan ide tersebut. Izak juga menjelaskan bahwa perusahaan saat ini harus siap meng-kanibal bisnisnya bila ingin bertahan. “Seperti Bank Mandiri,” katanya sambil melirik ke arah pak Anton.

Izak bercerita bank Mandiri rela menginvestasikan dana kepada suatu produk non perusahaan, dimana bank Mandiri sendiri mempunyai jenis produk serupa. Hal ini dilakukan untuk keberlangsungan perusahaan kedepannya.

Pemateri terakhir adalahYoris Sebastian. Ia dikenal sebagai Founder OMG Consulting, dimana saat ini sedang mengembangkan suatu aplikasi Inspigo. Yoris pernah menulis sembilan buku tentang kreatifitas dan milenial. Ia sempat mengulik sedikit tentang bukunya yang berjudul Generasi Langgas.

Lebih lanjut Yoris memaparkan perbedaan dimana jaman dahulu pemilik modal bisa mendapatkan bagi hasil besar dari suatu kegiatan usaha. Sementara saat ini pemilik modal hanya bisa mendapatkan pembagian hasil 10% saja. Di Era ini, ide dan kreatifitas lebih berjaya daripada modal.

Yoris juga memaparkan hasil survey tiga penyebab startup digital gagal yaitu 23% tidak menemukan tim yang pas, 29% kehabisan modal dan 42% produk tidak dibutuhkan pasar.

Pemaparan para narasumber dengan berbagai data, pengalaman dan pemahaman dunia usaha saat ini membuat peserta antusias saat sesi tanya jawab dibuka. Karena keterbatasan waktu, sesi ini harus dibatasi durasinya. Namun pada 6 Juli 2018 pukul 18.00-20.00, ISKA DKI Jakarta akan kembali mengadakan talkshow bertema wirausaha.

Kali ini akan mengusung tema ENTERPRENEUR (VS PEGAWAI) DI JAMAN NOW’. Kegiatan yang akan berlangsung di Universitas Atmajaya Jakarta Pusat ini, diperuntukan untuk masyarakat umum. Sebagai pembicara adalah General Manager PT. Young On Top Inspirasi Nusantara yaitu Riki Sonjaya, sementara sebagai moderator adalah Antonius Roni K. pendiri lembaga pendidikan My Right Education.

Jangan lewatkan kegiatan ini, Young On Top (YOT) sendiri adalah komunitas yang tujuannya adalah memotivasi orang muda agar dapat meraih kesuksesan di usianya. Komunitas yang didirikan oleh Billy Boen ini, telah tersebar di banyak daerah Indonesia.

Pernah menjadi program acara di Metro TV tahun 2012-2014, tampil di Kick Andy dan bukunya sendiri meraih best seller selama bertahun-tahun. Saat ini YOT mempunyai berbagai divisi seperti program radio, digital media, publishing & agency, serta creative consulting & event. Jadi pastikan kehadiranmu pada kegiatan ini dengan mendaftar melalui htttp://tiny.cc/TalkshowPengusaha JamanNow, sebagai narahubung nomor 0813 9652 4786 (Maria).