Maskapai Virgin Galactic Wujudkan Mimpi Berwisata ke Luar Angkasa

oleh -

California – Dalam waktu dekat, mimpi liburan ke luar angkasa akan segera jadi kenyataan. Maskapai Virgin Galactic milik pengusaha eksentrik Richard Branson tengah merilis pesawat luar angkasa untuk wisatawan.

Hal ini dibuktikan dengan keberhasilan uji terbang di gurun Mojave, California, Amerika Serika,t dari pesawat luar angkasa VSS Unity milik perusahaan Virgin Galactic pada Jumat, (12/1), seperti diberitakan Daily Mail.

Virgin Galactic merupakan anak perusahaan Virgin Group milik pengusaha penerbangan Richard Branson. Didirikan pertama kali pada 2010, Virgin Galactic bersaing dengan perusahaan lain seperti Blue Origins (Jeff Bezos) dan SpaceX (Elon Musk) untuk membawa wisawatan liburan ke luar negeri.

Dengan keberhasilan uji terbang pesawat VSS Unity pekan lalu, Richard Branson pun semakin yakin bahwa ia bisa segera membawa wisatawan ke luar angkasa pada bulan April mendatang, seperti diberitakan media Express.

Mimpi Brad Pitt, Justin Bieber, Aston Kutcher hingga fisikawan Stephen Hawking sebagai warga sipil untuk merasakan wisata antariksa, semakin menjadi kenyataan. Sebab, pesawat yang sudah mereka pesan tiketnya telah sukses diuji penerbangannya.

Tokoh-tokoh yang disebut di atas adalah sebagian kecil dari ratusan orang yang telah mendaftar untuk mengantre liburan ke antariksa. Setidaknya, bagi yang ingin mencicipi pengalaman tersebut harus merogoh kocek sekitar 200 ribu Pound Sterling.

Awalnya, VSS Unity diperkenalkan ke depan publik pada 19 Februari 2016. Seiring waktu, VSS Unity pun berhasil melewati serangkaian tes uji kelayakan. Hasil itu pun jauh lebih baik dari pesawat prototipe sebelumnya, VSS Enterprise yang mengalami kecelakaan pada tahun 2014 silam.

Secara teknis, VSS Unity akan diterbangkan lebih dulu menuju ketinggian 15.000 meter bersama dengan pesawat White Knight Two. Setelah itu, VSS Unity akan dilepas dari White Knight Two. Pada uji coba terbang pekan lalu, VSS Unity tercatat dapat mencapai kecepatan luncur maksimum hingga mach 0,9 (670 mph/1.080 km per jam).

Hasil yang cukup baik. Nantinya, pesawat VSS Unity akan terbang sekitar 80 Km di atas permukaan bumi. Jarak itu pun disebut oleh NASA sebagai luar angkasa. Secara kapasitas, VSS Unity diketahui dapat membawa 8 orang (termasuk 2 pilot) ke luar angkasa.