Tips Menjadi Penulis Zaman Now

oleh -
Pelatihan Menulis Madiun Benny Sabdo

MADIUN-Buku adalah jendela ilmu pengetahuan dan sahabat berpikir yang setia. Dalam memperingati hari buku internasional Unika Widya Mandala Madiun menggelar seminar “Menjadi Penulis Zaman Now” di Madiun, Jawa Timur, Selasa (24/4). Hadir sebagai narasumber penulis muda produktif Benny Sabdo.

Benny yang telah menulis tujuh buku ini membagikan teori dan pengalamannya kepada 31 dosen Universitas Widya Mandala. Mereka perwakilan dosen dari pelbagai program studi di lingkup kampus tertua yang mencetak sarjana profesional, tangguh dan humanis di Madiun.

Alumnus Program Pascasarjana Fakultas Hukum UI ini mengajak para dosen agar berani menjadi penulis. Ia mengatakan tugas dosen tidak hanya mengajar tetapi juga melakukan penelitian sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Menulis dapat menambah poin penelitian bagi dosen.

“Menulis juga dapat mengangkat popularitas dosen sekaligus ajang promosi universitas di ruang publik secara efektif,” ungkap Sekretaris Jenderal Presidium Pusat Ikatan Sarjana Katolik Indonesia (ISKA)

Pakar Hukum Pemilu ini menyampaikan, era digital dan media sosial memberi keleluasaan bagi publik untuk menjadi penulis. Zaman old menjadi penulis harus tahan banting dan rela ditolak berkali-kali oleh redaksi. Penulis zaman now bisa menjadi penulis sekaligus editor bagi tulisannya sendiri melalui media sosial seperti blog, twitter, facebook.

“Tentu dengan syarat agar tulisan kita dibaca dan viral harus berkarakter. Menjadi populer tidak harus artis. Jadi penulis pun bisa jadi selebritis,” tegasnya.

Rektor Unika Widya Mandala Madiun Fransisca Mudjijanti memotivasi para dosen agar berani mengawali untuk menulis. Ia berharap para dosen tergerak untuk mulai berani menulis, baik di media massa, media online, maupun menulis buku, termasuk buku ajar.

Agnes Adhani (Madiun)