Songsong Asian Games, Pemprov DKI Pasang Rumput di Area Jalan Sudirman

oleh -
Persiapan Asian Games

Ada yang berbeda dari halte-halte bus di Jalan Jenderal Sudirman. Tak seperti halte lain pada umumnya, sedikitnya ada tiga halte yang tidak berbatasan langsung dengan jalan dipasang jalur hijau atau area rumput yang cukup lebar seolah-olah menjadi pembatas antara halte bus dan jalan raya tempat bus melintas. Beberapa titik trotoar tersebut sengaja dipasangi jalur hijau untuk mempercantik lingkungan Jakarta jelang Asian Games 2018.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, sebagaimana dikutip dari Kompas.com mengatakan, area rumput yang ada di trotoar Jalan Sudirman tidak bersifat permanen. Setelah Asian Games selesai, rumput tersebut akan dibongkar dan diganti dengan trotoar keras.

“Sekarang ini memang sebagian belum dipasang trotoar keras karena masih rumput. Rumput ini sebenarnya temporer karena tempat itu belum selesai dibangun” ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (25/7/2018).

Kebijakan Pemprov DKI ini mendapat respons dari masyarakat Jakarta. Warga mengeluhkan adanya area rumput yang lebarnya sekitar 2 meter ini. Hal ini dinilai menyulitkan masyarakat (baca: penumpang bus) yang ingin naik dan turun bus karena Bus tidak bisa menepi di depan halte yang ada.

“Ya sayang ya jadi harus muter cukup jauh. Dulu sebelum ada taman gini sih sudah langsung ke trotoar enggak perlu jalan muter begini,” kata Ario, salah seorang penumpang bus Metrotrans.

Namun, tak semua penumpang bus punya pikiran yang sama dengan Ario. Ada juga yang memilih jalan pintas dengan melintasi jalur hijau tersebut. Padahal, rumput yang ada di sana tampak baru ditanam.

“Saya juga bingung kalau muter jadi agak jauh terus khawatir keserempet juga jadi ya nekat motong aja deh,” kata Heri, penumpang lain yang nekat melintasi area rumput.

Arini, warga yang tengah menunggu bus berharap agar letak halte-halte tersebut bisa diatur ulang supaya tidak menyulitkan para penggunanya.

“Sebenarnya bagus-bagus saja sih dikasih taman gini, tapi kita yang naik bus jadi repot harus muter agak jauh. Kalau hujan kan juga becek. Harapannya ya dirapikan lagi deh supaya gampang naik-turunnya (ke bus),” katanya.

Kepala Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang Dinas Bina Marga DKI Jakarta Heru Suwondo mengatakan, dengan itu lokasi halte-halte bus yang terhalang area rumput-rumput tidak akan dipindahkan.

“Masalah halte yang saat ini aksesnya terhalang oleh rumput, tentunya karena rumput baru digelar. Tetapi aksesnya orang dari halte menuju ke tepi jalan untuk naik bus sedang disiapkan oleh vendor,” kata Heru.

Menurutnya, pembangunan akses-akses tersebut ditargetkan kelar sebelum Asian Games 2018 ditargetkan selesai pada akhir Juli sehingga setiap halte akan dibuat akses.