Amran Nukman: Pengembang Dukung Program OSS

oleh -26 views
Para pengembang menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pemberlakuan sistem perizinan berbasis online, Online Single Submission (OSS) yang memberikan kemudahan dalam proses perizinan usaha. (Foto: Ilustrasi)

JENDELANASIONAL.COM — Para pengembang menyambut baik dan mendukung sepenuhnya pemberlakuan sistem perizinan berbasis online, Online Single Submission (OSS) yang memberikan kemudahan dalam proses perizinan usaha.

Hal ini disampaikan oleh Ketua REI DKI Jakarta, Amran Nukman, di sela-sela Rakerda REI DKI Jakarta, di Hotel Luwansa, Kamis (22/11/2018).

“OSS ini sangat kita dukung dan ini terobosan yang luar biasa dibidang penyederhanaan perizinan yang mudah, cepat dan sederhana, dan dampaknya akan sangat dirasakan oleh investor serta dapat menggairahkan iklim usaha,” katanya.

Sebetulnya sejak diadakan pelayanan terpadu satu pintu di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, proses perijinan sudah cukup baik. “Dan Pemprov DKI sudah terus-menerus melakukan perbaikan pelayanan sistem perizinan, apalagi ke depan dengan sistem OSS tentunya akan lebih baik lagi,” lanjut Amran.

Pada dasarnya OSS yang diatur dalam PP nomor 24 tahun 2108, merupakan bagian dari upaya dan kebijakan pemerintah dalam menyederhanakan birokrasi dalam perizinan usaha dan menciptakan model pelayanan perizinan yang terintegrasi secara cepat, mudah dan memberi kepastian hukum yang diterbitkan oleh lembaga OSS. Nantinya, selain melalui Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), masyarakat dapat mengakses sistem OSS secara daring dimana saja dan kapan pun berada.

Menurut Amran, OSS akan mempermudah pengurusan berbagai perizinan berusaha, baik persyaratan untuk melakukan usaha maupun izin operasional untuk kegiatan operasional usaha di tingkat pusat maupun daerah dengan mekanisme persyaratan izin, dimanapun pelaku usaha nantinya melakukan pendaftaran untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB).

Amran juga mengajak para pengembang khususnya di wilayah Provinsi DKI Jakarta, untuk memanfaatkan OSS ini dalam mengurus perizinan ini. “Apapun upaya dan kebijakan Pemerintah baik pusat maupun daerah yang berdampak baik untuk menciptakan iklim usaha yang kondusif pasti kita dukung,” ujarnya. (Ryman)