APBN 2019 Fokus Pada Investasi SDM

oleh -
Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada Sidang Kabinet Paripurna tentang Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif Tahun 2018, serta Prioritas Nasional Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/4)

JAKARTA-Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) hanya memiliki kontribusi kurang lebih sekitar 15% dari angka Product Domestic Bruto (PDB). Karena itu, Presiden meminta agar alokasi anggaran APBN betul-betul fokus dan diprioritaskan untuk hal-hal yang strategis.

“Kalau enggak strategis, enggak usah,” tegas Presiden Jokowi saat memberikan pengantar pada Sidang Kabinet Paripurna tentang Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif Tahun 2018, serta Prioritas Nasional Tahun 2019, di Istana Negara, Jakarta, Senin (9/4).

Setelah 3,5 tahun ini jelas Presiden, pemerintah memang fokus di urusan yang berkaitan dengan infrastruktur. Ini tercermin dari alokasi anggaran infrastruktur yang menghabiskan dana Rp300 triliun lebih.

“Dan kelihatan sekali betapa masifnya pembangunan di bidang infrastruktur, baik berupa jalan, pelabuhan, jalan tol, jalur kereta api, airport, dan yang lain-lainnya,” ulasnya.

Setelah tahapan besar yang pertama yaitu infrastruktur tersebut, Presiden Jokowi mengemukakan, pemerintah akan masuk tahapan besar yang kedua, yaitu investasi di bidang sumber daya manusia.
Tahun ini disiapkan programnya dan tahun depan betul-betul masuk ke dalam sebuah kegiatan besar.

“Sehingga titik alokasi anggaran APBN 2019 juga betul-betul mengarah ke sana, betul-betul nampak untuk mendukung, menopang peningkatan sumber daya manusia,” ujar Presiden.