Bidik 11 Proyek Strategis, Pemerintah Optimistis Capai Target Lifting 2019

oleh -
Pemerintah membidik kerja sama dengan sejumlah negara terutama di kawasan Timur Tengah yaitu Irak dan Azerbaijan.(Foto: esdm.go.id)

Jakarta, JENDELANASIONAL.ID — Melalui Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Pemerintah membidik 11 proyek utama yang akan beroperasi (onstream) pada tahun 2019. Pemerintah pun optimistis mampu mencapai target lifting minyak dan gas bumi (migas) sebesar 2 juta barrel oil ekuivalen per day (boepd) dengan onstream-nya 11 proyek utama tersebut.

“Sebelas proyek ini berpotensi menambah produksi migas sebesar 13.587 bopd dan 1.172 Million Standard Cubic Feet per Day (MMscfd),” kata Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta, Kamis (9/5).

Seperti dikutip dari esdm.go.id, Agung merinci proyek yang onstream di tahun 2019 adalah Proyek Terang Sirasun Batur Phase 2 oleh Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Kangean Energy Indonesia dengan estimasi produksi sebesar 120 MMscfd, Seng Segat milik EMP Bentu Ltd. dengan estimasi produksi 60 MMScfd, Ario-Damar-Sriwijaya Phase-2 milik PT. Tropik Enegi Pandan dengan estimasi produksi 20 MMScfd, Suban Compression milik ConocoPhillips (Grissik) Ltd. dengan estimasi produksi 100 MMScfd.

Di samping itu, ada pula proyek YY milik PHE ONWJ dengan estimasi produksi 25,5 MMscfd (Gas) dan 4.605 bopd (OIL), Bukit Tua Phase-3 milik Petronas Carigali Ketapang II Ltd. dengan estimasi 3.182 bopd (Oil), 31 MMscfd (Gas), Buntal-5 milik Medco E&P Natuna Ltd. dengan estimasi produksi 45 MMscfd.

Kemudian, terdapat pula proyek onstream yang berpotensi menghasilkan minyak seperti Bison-Iguana-Gajah Puteri milik Premier Oil Natuna Sea B.V sebanyak 80 MMScfd, Temelat milik PT. Medco E&P Indonesia sebesar 10 MMScfd, Panen milik PetroChina International Jabung Ltd. sebesar 2.000 bopd dan Kedung Keris milik ExxonMobil Cepu Ltd. sebesar 3.800 bopd.

Adapun, investasi hulu migas hingga bulan April sebesar USD 3,17 miliar. Meski demikian, masih ada tambahan investasi dari komitmen kerja pasti (KKP) di wilayah kerja Jambi Merang pada tahun ini sejumlah USD 38,1 juta. Secara kumulatif, tambahan investasi dari KKP dan komitmen pasti (KP) hingga tahun 2026 adalah sebesar USD 2,16 miliar untuk kegiatan eksplorasi dan eksploitasi.

Sebagai informasi, realisasi lifting migas hingga April 2019 mencapai 1,8 juta barel setara minyak per hari dengan rincian lifting minyak 750 ribu barel per hari (bopd) dan lifting gas 5.909 juta kaki kubik per hari (MMscfd). Jumlah ini mencapai 89 persen dari target Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar 2 juta boepd. (Ryman)