APINDO Dukung Langkah Menteri Jonan Sederhanakan Regulasi

oleh -
Ketua APINDO Bidang ESDM, Sammy Hamzah

JAKARTA- Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) mendukung langkah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memangkas regulasi yang menghambat investasi.

Ketua APINDO Bidang ESDM, Sammy Hamzah berharap kebijakan ini mampu membantu para pelaku industri terutama di sektor minyak dan gas bumi.

“Sangat positif sekali. Deregulasi sangat membantu. Ini yang sudah ditunjukkan oleh Kementerian (ESDM) dengan dihapusnya regulasi-regulasi yang ada dan bahkan perubahan-perubahan regulasi yang dianggap tidak tepat,” ujar Sammy dalam diskusi interaktif di salah satu stasiun televisi, beberapa waktu lalu.

Gross split, misalnya. Paket kebijakan tersebut merupakan sasaran deregulasi Pemerintah setelah mendapat masukan dari para pelaku usaha sektor Migas. “Ini menjadi sinyal yang sangat baik bagi pengusaha,” kata Sammy.

Sebelumnya dalam diskusi, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Joko Siswanto menyampaikan bahwa deregulasi memberikan bukti nyata masuknya investor menamkan bisnisnya di Indonesia.

“Salah satu bukti deregulasi adalah lakunya sekitar 22 Wilayah Kerja yang menggunakan sistem gross split karena merasa mampu memangkas birokrasi, peraturan, prosedur bisa dipangkas,” jelasnya pada kesempatan yang sama.