Dharma Karya ESDM Bagi Penerima Penghargaan, Inovasi Harus Terus Ditingkatkan

oleh -
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 54 Penghargaan Dharma Karya ESDM Tahun 2019 kepada para pegawai BUMN Sektor ESDM dan pegawai di lingkungan Kementerian ESDM . (Foto: esdm.go.id)

Jakarta, JENDELANASIONAL.ID — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 54 Penghargaan Dharma Karya ESDM Tahun 2019 kepada para pegawai BUMN Sektor ESDM dan pegawai di lingkungan Kementerian ESDM yang berjasa dalam pemikiran, kebijaksanaan, keputusan, tindakan dan pembangunan serta penemuan baru yang memberikan dampak kemajuan yang sangat berarti di sektor ESDM.

“Bapak Menteri ESDM mengucapkan selamat kepada para penerima, jangan lupa terus melakukan inovasi,” ujar Sekretaris Jenderal Ego Syahrial meneruskan pesan Menteri ESDM Ignasius Jonan kepada 44 penerima penghargaan yang diserahkan oleh Ego di Kementerian ESDM Kamis (17/10).

“Jangan berhenti disini, terus ditingkatkan, apa yang sudah anda lakukan setidaknya sudah berdampak di lingkungan intenalnya, jadi tolong inovasi ini dibikin lebih meningkat agar dapat bermanfaat di lingkungan sendiri ataupun antar BUMN,” imbuh Ego seperti dikutip esdm.go.id.

Kepada para penerima penghargaan di lingkungan BUMN yang bersentuhan langsung ke masyarakat, Ego pun berpesan khusus agar inovasi terus dilakukan untuk mempermudah pelayanan.

“Pertamina dan PGN yang costumernya langsung berkaitan dengan layanan masyarakat misalnya, diharapkan dapat terus meningkat inovasi yang dilakukan. Bikin yang tadinya susah jadi mudah, inovasi apa saja, semua harus dibikin dipermudah,” ujar Ego.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Kementerian ESDM, M. Rizwi JH menjelaskan bahwa Penghargaan Dharma Karya ESDM Tahun 2019 ini diserahkan kepada 54 penerima yang berasal dari Unit Eselon I Kementerian ESDM (Sekretariat Jenderal; Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi; Badan Geologi) dan BUMN Sektor ESDM ( PT Pertamina Geothermal Energy; PT PGN, Tbk; PT Antam, Tbk; PT Timah, Tbk; dan Pertamina RU IV Cilacap).

Sebelumnya, penghargaan secara simbolis telah diserahkan pada upacara HUT Kemerdekaan RI 17 Agustus 2019 kepada 1 orang penerima penghargaan Dharma Karya Utama. Pada saat upacara HUT Pertambangan dan Energi tanggal 28 September 2019 diberikan kepada 9 orang terdiri dari 4 orang penerima penghargaan Dharma Karya Madya dan 5 orang penerima penghargaan Dharma Karya Muda. Hari ini Kamis (17/10) diserahkan kembali sebanyak 44 penghargaan Dharma Karya Muda.

Ada 3 (tiga) jenis Penghargaan Dharma Karya ESDM, yaitu:
a. Utama : berjasa sangat besar di sektor ESDM dan bersifat nasional.
b. Madya : berjasa besar di sektor ESDM , dan jasanya bersifat lintas sektoral.
c. Muda : berjasa di sektor ESDM, dan jasanya bersifat sektoral.

Tim penilai dipilih dari unit-unit di lingkungan Kementerian ESDM untuk menyeleksi siapa saja yang layak mendapatkan penghargaan apakah masuk Dharma Karya Utama, Madya ataupun Muda.Penghargaan Dharma Karya ESDM diselenggarakan untuk mendorong kinerja dan memberikan apresiasi terhadap inovasi baru yang memberikan dampak kemajuan yang sangat berarti di sektor ESDM. (Ryman)