ESDM: Perusahaan Migas Kelas Dunia Incar Blok East Natuna

oleh -
Blok East Natuna. (Foto: Tribunnews.com)

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan ada beberapa perusahaan minyak dan gas (migas) kelas dunia yang berminat untuk mengelola Blok East Natuna.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal migas Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan, ‎terdapat beberapa perusahaan dari luar negeri yang tertarik untuk ikut berpartisipasi dalam mengelola Blok East Natuna bersama dengan PT Pertamina (Persero).

“‎Ada dari Jepang, China juga datang. Ada juga Mubadala dari Uni Emirat Arab,” kata Ego, di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (16/1/2018).

Pemerintah membuka kesempatan kepada semua perusahaan pencari migas untuk mengelola Blok East Natuna bersama Pertamina. Dengan begitu diharapkan dapat mendorong produksi migas di Tanah Air.

“Jadi sekarang siapapun selama itu mengedepankan kepentingan nasional ya kita dorong. Tapi satu yang harus digarisbawahi yaitu harus menguntungkan negara,” kata Ego seperti dikutip liputan6.com.

Blok East Natuna telah diserahkan ke Pertamina, karena itu perusahaan yang berminat untuk berpartisipasi bisa melakukan kerja sama langsung dengan Pertamina.

“East Natuna ini secara hukum masih punya Pertamina, masih punya Pertamina, ini saya buka saja,” pungkas Ego.