Hadir Membawa Terang, ISKA Peduli Turun ke Pondok Pesantren

oleh -
Minggu siang, 20 Januari 2019, Group Tirta bersama dengan Presidium Pengurus Pusat ISKA memberikan bantuan berupa Perangkat Solar Cell sebesar 5000 Kwh kepada sejumlah Pondok Pesantren di Jawa Barat. (Foto: ist)

Bogor, JENDELANASIONAL.COM – Group Tirta bersama dengan Presidium Pengurus Pusat Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) memberikan bantuan berupa Perangkat Solar Cell sebesar 5000 Kwh kepada sejumlah Pondok Pesantren di Jawa Barat, Minggu siang, 20 Januari 2019.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan bersama CSR Group Tirta dengan ISKA Peduli. Ini merupakan kegiatan dalam bentuk kepedulian kita terhadap pembangunan masyarakat dan bangsa, terlebih dalam rangka membangun komitmen merawat kebangsaan dan kebhinekaan,” tutur Hargo Mandirahardjo, Ketua Presidium Pengurus Pusat ISKA di lokasi acara.

Hal serupa juga disampaikan oleh Koordinator CSR Group Tirta Hasidungan Siboro. Dia mengatakan bahwa kegiatan CSR tidak hanya sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat terlebih masyarakat sekitar.

“Ini juga merupakan panggilan kita untuk berbuat sesuatu yang positif terhadap sesama anak bangsa Indonesia. Kegiatan CSR ini didasarkan kepada panggilan, sehingga maknanya akan menjadi lebih dari sekadar tanggung jawab sosial perusahaan, melainkan juga sebagai bentuk sesama manusia yang terpanggil untuk saling tolong,” tuturnya saat memberikan sambutan.

Kegiatan ini sebenarnya telah dimulai sejak tanggal 17 Januari 2019, yakni dengan pemasangan/penyetingan sollar panel dan uji coba. Karena itu, pada hari ini dapat dilaksanakan serah terima secara simbolik yang diwakili Pengurus Yayasan/Pondok Pesantren Al Muta’alimin Alwatasi di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin.

“Penyerahan dan pemasangan sollar cell ini kami berikan kepada pondok pesantren yang ada di Kecamatan Cijerug dan Caringin kabupaten Bogor, Jawa Barat sebanyak 3 pondok pesantren, masing-masing mendapat 1500 watt. Yakni kepada Yayasan Pondok Pesantren Riyadhuttarbiyyah di Kampung Kubang, Desa Cipicung dan kepada Yayasan Pendidikan Al Hukama di Kampung Cibadak Desa Cijeruk, keduanya berada di Kecamatan Cijeruk, serta satu pondok pesantren di Desa Pancawati, Kecamatan Caringin yakni Yayasan Al Muta’alimin sekolah Alwatasi,” tambah Hasudungan Siboro.

Perwakilan dari ketiga Pondok Pesantren tersebut menyampaikan banyak terima kasih karena telah dikunjungi dan berbagi kasih dengan mereka. “Kami sangat gembira menyambut ungkapan kasih ini. Tentunya kehadiran saudara-saudari di pondok pesantren kami ini sungguh-sungguh membawa terang, membawa cahaya bagi kami terlebih bagi pelajar dan penghuni pondok pesantren kami ini yang jumlahnya lebih dari lima ratus santri per pesantren. Ini menjadi salah satu solusi yang sangat bermanfaat ketika kita sering mengalami pemadaman listrik PLN karena krisis energi,” ujarnya.

Acara penyerahan ini, selain dihadiri oleh pengurus Pusat ISKA dan beberapa karyawan dari Tirta Group, juga dihadiri oleh Ketua RT, para Kiayi dari masing-masing pondok pesantren, ustad dan beberapa tokoh masyarakat di Kecamatan Caringin.

“Tentunya kegiatan ini tidak hanya sampai di sini. Masih banyak daerah di Indonesia yang akan kami kunjungi untuk berbagi kasih, terlebih di daerah-daerah mana yang masih gelap kita akan membawa cahaya agar menjadi terang, yakni membawa Sollar Cell, sebagai alternatif energi baru dan terbarukan,” pungkas Hargo Mandirahardjo. (FsP)