Hormati Jasa Pahlawan Energi, Menteri Jonan Pimpin Upacara Serentak

oleh -
Menteri ESDM, Ignatius Jonan memimpin peringatan Hari Pahalawan Energi dengan mengunjungi para pahlawan energi. (Foto: esdm.go.id)

Jakarta, JENDELANASIONAL.ID — Memperingati Rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Pertambangan dan Energi ke-74, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignatius Jonan, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dan Pimpinan Unit Eselon I Kementerian ESDM, pada Kamis (19/9), secara serentak melaksanakan Upacara dan Ziarah makam Pahlawan energi Indonesia di enam lokasi berbeda.

Upacara dan Ziarah ke makam pahlawan energi Indonesia ini merupakan salah satu acara inti rangkaian HUT Pertambangan dan Energi ke-74 untuk menghormati jasa-jasa pahlawan dan pendiri Kementerian ESDM.

Menteri Jonan memimpin langsung Upacara dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, Jakarta. Usai melaksanakan Upacara Penghormatan, Jonan melakukan ziarah ke makam Ibnu Sutowo (Menteri Minyak dan Gas Bumi tahun 19660), R. M. Soemantri Brodjonegoro (Menteri Pertambangan Tahun 1967-1973), Mohammad Sadli (Menteri Pertambangan tahun 1973-1978) dan ziarah ke makam 5 Pahlawan Revolusi. Pada kesempatan ini, Jonan juga kembali ziarah ke makam Presiden ke-3 Indonesia B. J. Habibie yang wafat 11 September 2019 lalu.

“Atas nama Keluarga Besar Kementerian ESDM, menyampaikan terima kasih kepada keluarga almarhum Soemantri Brodjonegoro, almarhum Ibnu Sutowo dan alamarhum Mohammad Sadli atas jasa dan perjuangan Beliau demi kemajuan sektor ESDM, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa membalas kebaikan mereka dengan balasan yang setimpal,” ungkap Jonan seperti dikutip esdm.go.id.

Di tempat berbeda, Wamen Arcandra memimpin ziarah ke makam Arie Frederik Lasut di Tempat Pemakaman Umum Sasanalaya, Yogyakarta. Sebagaimana diketahui, Arie Federik Lasut merupakan pahlawan nasional yang pada 28 September 1945 mengambil tindakan berani dengan merebut kantor Chisitsu Chosasho (Jawatan Geologi) dari pihak Jepang. Sejak saat itu nama kantor diubah menjadi Pusat Jawatan Tambang dan Geologi.

Sementara, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Ego Syahrial memimpin ziarah ke makam Chairul Saleh, Menteri Perindustrian Dasar dan Pertambangan tahun 1959-1960. Chairul Saleh merupakan Menteri pertama yang memimpin lembaga Pemerintah sebagai cikal bakal Kementerian ESDM.

Secara bersamaan, kegiatan ziarah juga dilaksanakan di TPU Tanah Kusir, Jakarta dan San Diego Hills Memorial Park, Karawang, Jawa Barat. Di TPU Tanah Kusir, Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) F. X. Sutijastoto memimpin ziarah makam Slamet Bratanata (Menteri Pertambangan tahun 1966-1967). Sementara, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan ESDM, Dadan Kusdiana memimpin ziarah ke makam Widjajono Partowidagdo (Wakil Menteri ESDM tahun 2011-2012).

Selanjutnya, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) ESDM IGN Wiratmaja Puja juga melakukan sembahyang bersama di Pura Aditya Jaya, Rawamangun, Jakarta untuk mendoakan Menteri Pertambangan dan Energi tahun 1993-1998, Ida Bagus Sudjana. (Ryman)