Hyundai Berminat Bangun Pabrik Mobil Listrik Senilai Rp14,1 T

oleh -
Ilustrasi Pabrik. (Foto: detik.com)

Jakarta, JENDELANASIONAL.COM — Perusahaan asal Korea Selatan, Hyundai menyatakan minat untuk membangun pabrik mobil listrik di Indonesia. Nilai investasi yang bakal digelontorkan sekitar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,1 triliun (kurs Rp 14.100/dolar AS).

“Dia (Hyundai) bilang US$ 1 miliar sekitar itu, angka pastinya dia, belum tau, karena saya tanya sambil makan juga. Bisa lebih tergantung kapasitas,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhur Binsar Pandjaitan di Jakarta, Senin (14/1/2019).

Luhut mengatakan dirinya telah bertemu dengan petinggi Hyundai. Dia bilang akan bertemu lagi dengan pihak Hyundai dalam waktu dekat.

“Pabrik mobilnya sudah kita bicarakan dengan Hyundai saya udah ketemu akhir tahun kemarin bulan Desember awal, Seoul. Dan nanti akhir bulan ini, Tim Hyundai, akan datang kemari akan ke sini untuk bicara,” ujarnya.

Pabrik mobil listrik tersebut akan diarahkan ke kawasan industri Bekasi-Karawang-Purwakarta (Bekapur). Dengan adanya mobil listrik, nantinya industri akan terintegrasi dari hulu hingga hilir.

“Jadi nanti Morowali, Wedabe, Kawarang, Bekasi, Purwakarta industri economic zone, ada Patimban, ada Kertajati. Pabrik mobil di sini (Bekapur), lithium baterai di Morowali, nanti di sini dibangun mobil listriknya, lithium baterai diambil Morowali atau Wedabe,” ungkapnya.

Luhut berharap, nantinya mobil-mobil listrik made in Indonesia’ diekspor ke Australia. Apalagi, Indonesia dan Australia akan memiliki perjanjian perdagangan bebas.

“Nanti dari Karawang, Bekasi Purwakarta, karena sudah punya free trade agreement dengan Australia, di mana Australia tidak memiliki pabrik mobil kita akan ekspor Australia. Karena kita sudah free trade agremeent dengan mereka,” terangnya. (Ryman)