Jajal Kereta Bandara, Jonan: Stasiunnya Standar Modern

oleh -
Menteri ESDM Ignasius Jonan saat mencoba kereta bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Kumparan.com)

JAKARTA – Untuk pertama kalinya Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menggunakan Kereta Api Bandara menuju Soekarno Hatta. Jonan yang tengah mengantar anaknya ke bandara untuk mengejar pesawat menuju ke Inggris memilih menggunakan KA Bandara dibandingkan transportasi umum.

“Hemat waktu, ini kebetulan hari minggu coba kebetulan ini hari kerja pasti macet sekali. Kemudian membantu semangat kita sebagai warga negara untuk mengurangi polusi. Kan kalau menggunakan BBM pasti polusinya lebih tinggi ya,” kata Jonan saat mengobrol dengan awak media di dalam gerbong kereta Bandara, Minggu (7/1/2018).

Jonan menjelaskan, penggunaan KA Bandara dianggap lebih efisien, praktis dan irit BBM bila dibandingkan transportasi lainnya.

“Terus kan kan ada pertanyaan, pak ini kan pakai listrik. Tapi kan listrik juga konsumsi energi primernya bisa batu bara, geotermal, angin, bisa air bisa gas bumi nah ini kan tidak perlu impor. Jadi manfaatkan. Satu, mengurangi konsumsi BBM juga menghemat waktu yang ketiga mengurangi polusi,” kata dia.

Jonan mengatakan kali ini merupakan pengalaman pertama menggunakan Kereta Bandara. Menteri yang juga pernah menjadi Dirut KAI ini mengapresiasi realisasi infrastruktur yang diinginkannya sejak awal 2012 lalu.

“Selain ini belum pernah, belum ya ngapain kalau enggak ada tujuannya ya kan? Nah ini juga teman-teman saya ajak naik biar rasakan juga. Kalau komentar saya, stasiunnya modern ya, standarnya standar modern sama kayak yang di stasiun kereta bandara yang di Singapura, Hong Kong juga. Pelayanan saya belum tahu karena kan tadi sepi. Kalau interior keretanya bagus, sejauh ini nyaman,” pungkas Jonan