Jonan Minta Asian Agri Gratiskan Listrik PLTBg untuk Warga Jambi

oleh -
Peresmian PLTBg Milik Asian Agri. (Foto: kontan.co.id)

JAMBI – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meminta PT Asian Agri agar menggratiskan listrik tenaga biogas yang baru saja diresmikan, kepada masyarakat setempat.

Jonan mengatakan, pembangkit berkapasitas 2,2 MW ini bisa dipakai separuh untuk kegiatan bisnis Asian Agri, dan separuhnya lagi bisa disumbangkan kepada masyarakat secara gratis.

“Menurut saya ini paling bagus. Satu rumah 450 watt aja. Kalau susut jaringan 8% bikin jaringan sendiri satu rumah 450 watt. Toh untuk perusahaan sendiri juga bagus,” ujarnya saat peresmian pengoperasian PLTBg di Tungkal Ulu, Jambi, Rabu (24/1).

Menteri Jonan menghadiri peresmian pengoperasian Pembangkit Listrik Tenaga Biogas (PLTBg) berkapasitas 2,2 Megawatt (MM) yang berasal dari limbah kelapa sawit di Jambi.

Dia mengatakan, listrik hijau ini jika dijual kepada PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) harganya tidak seberapa. Maka dari itu, pihaknya akan terbuka jika pihak Asian Agri segera mengirim surat kepada Kementerian ESDM untuk menggratiskan listrik kepada masyarakat.

“Tinggal ajukan surat. Kalau menjual ada jaringan listrik memang tidak boleh. Tapi ini memberikan listrik secara gratis. Kalau bikin jaringan listrik tegangan rendah itu bisa,” katanya seperti dikutip kontan.co.id.

Head of Operations Asian Agri, Bukit Sanjaya mengatakan, PLTBg berkapasitas 2,2 MW ini akan dipakai untuk pabrik sekitar 700 kw. Sementara Excess power 1,5 MW yang akan dialirkan ke masyarakat.

“Untuk permintaan menggratiskan listrik akan kami evaluasi dulu,” ujar Bukit.

Gubernur Jambi, Zumi Zola Zulkifli mengatakan bahwa pihaknya terus mendukung Asian Agri dalam mengembangkan pembangkit ramah lingkungan itu. Bahkan, Asian Agri terus berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan kabupaten Jambi.