Jonan Minta PLN Tidak Takut Bersaing denga Panel Surya

oleh -

Jakarta, JENDELANASIONAL.ID — Pemerintah mendorong penggunaan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) seperti rooftop panel surya. Pembangkit ini didorong karena ramah lingkungan.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menilai, PLN akan menganggap panel surya sebagai saingannya, namun Jonan mengatakan bahwa seharusnya PLN tak perlu khawatir.

“Ke depan saya juga minta, memang terus terang teman-teman PLN persepsinya kalau ada rooftop begini rooftop solar panel, jualannya susah,” katanya dalam acara Diseminasi Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) 2019-2028 di Kantor Pusat PLN Jakarta, Senin (18/3/2019).

Jonan mengatakan bahwa semestinya pihak PLN harus sepakat terhadap jualan teknologi baru tersebut. “PLN mestinya juga sepakat, jangan takut ada saingan teknologi baru, jualannya aja, gimana, wong Eskimo ada orang jualan es krim juga kan,” ujarnya.

Karena itu, Menteri ESDM itu mengatakan pihakny akan mendorong penggunaan panel surya. Dia mengaku, rumah pribadinya menggunakan solar panel.

Bukan hanya itu, tempat kerjanya yakni Kementerian ESDM juga sudah menggunakan panel surya.

“Kalau bisa rooftop solar panel digerakkan, Anda tanya saya, rumah saya yang saya tinggali sendiri rumah pribadi, juga menggunakan rooftop solar panel nggak besar sih 15,4 kWp. Rumah dinas pasti, kantor Kementerian ESDM menggunakan 150 kWp. Komplek Istana negara sudah selesai 260 kWp,” pungkasnya. (Ryman)