Kaltim Dapat Tambahan Gas, Dwi Soetjipto: Signifikan untuk Ringankan Beban Masyarakat

oleh -
Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto meninjau pengoperasian jargas bagi 5.000 sambungan rumah tangga (SR) bertempat di Kelurahan Gunung Sari Ulu, Kota Balikpapan, Rabu (27/3). (Foto: esdm.go.id)

Balikpapan, JENDELANASIONAL.ID — Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Dwi Soetjipto meresmikan pengoperasian jargas bagi 5.000 sambungan rumah tangga (SR) bertempat di Kelurahan Gunung Sari Ulu, Kota Balikpapan, Rabu (27/3).

Ini untuk kali keduanya Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur mendapatkan program jaringan gas bumi (jargas) bagi rumah tangga dari Pemerintah. Sebelumnya, pada tahun 2016, sebanyak 3.849 SR telah terpasang di rumah warga.

Acara ini juga dihadiri juga oleh Anggota Komisi VII DPR RI H. Ihwan Datu Adam, Walikota Balikpapan Rizal Effendi, Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso, Direktur Logistik Suplay Chain dan Infratruktur PT Pertamina (Persero) Gandhi Sriwidodo, Direktur Keuangan dan Dukungan Bisnis PT Pertamina Gas Tenny R.A. Rusdy, dan President Director PT Pertagas Niaga Linda Sunarti.

Pada tahap kedua, jargas di Kota Balikpapan tersebar di Kelurahan Sumber Rejo, Karang Jati, Karang Rejo, dan Gunung Sari Ulu. Penambahan sambungan jargas di Kota Balikpapan ini tidak terlepas dari kooperatifnya pelanggan dalam memanfaatkan jargas yang ada selama ini.

Selain untuk mengurangi subsidi LPG dan mengoptimalkan pemanfaatan gas alam nasional, Pemerintah berharap program jaringan gas kota punya dampak signifikan untuk meringankan beban masyarakat. “Pada umumnya pemanfaatan jargas ini akan memberikan penghematan dibandingkan jika sebelumnya memanfaatkan LPG,” jelas Dwi Soetjipto seperti dikutip esdm.go.id.

Dalam kesempatan itu Dwi Soetjipto juga mengatakan “pemanfaatan gas bumi melalui pembangunan Jargas untuk rumah tangga merupakan program berkelanjutan Kementerian ESDM sebagai bentuk konsistensi pemerintah dalam menyediakan energi berkeadilan, pemanfataan gas akan dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari masyarakat dan diutamakan untuk kebutuhan domestik”.

Pada peresmian ini Kepala SKK Migas juga mengunjungi rumah salah satu warga pengguna jargas di rumah ibu Ganesha (29 tahun) di Jln. S Parman RT 28 No 20.

Ibu Ganesha sebagai pengguna jargas mengatakan, “sangat bersyukur dengan adanya program gas kota ini karena dirinya bersama warga lainnya sudah tidak perlu keliling mencari gas apabila gasnya habis khususnya untuk memasak”.

“Sekarang enak tinggal pakai saja, nggak ada biaya dan mengeluarkan energi untuk keluar rumah mencari gas. Hanya bayar rekening saja sesuai pemakaiannya,” ucap warga kelurahan gunung sari ulu kota balikpapan ini.

“Salah satu bentuk dukungan Pertamina dalam program jargas ini adalah dengan mensinergikan afiliasinya untuk melayani kebutuhan dari hulu hingga hilirnya. Gasnya diperoleh dari PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur selanjutnya pengelolaan city gas/jargas dilakukan PT Pertagas Niaga,” jelas Gandhi Sriwidodo, Direktur Logistik Supply Chain dan Infrastruktur PT Pertamina (Persero).

Sementara, Direktur Utama PT Pertagas Niaga Linda Sunarti mengatakan, setelah sambungan jargas selesai, proses selanjutnya adalah mengalirkan gas kota melalui proses aktivasi meter dan konversi kompor yang dilakukan secara bertahap oleh operator PT Pertagas Niaga sejak bulan Maret 2019, “Pertagas Niaga akan menjadi pelaksana untuk proses konversi tersebut dengan memodifikasi kompor gas yang telah dimiliki warga,” papar Linda.

Pemerintah mengimbau masyarakat untuk turut serta merawat jargas di rumahnya serta melakukan koordinasi dengan tim jargas atau menghubungi Call Center Pertamina di 1-500000 apabila ingin melakukan perubahan atau perbaikan jaringan.

 

Jargas Beroperasi di Penajam Paser Utara

Selain Kota Balikpapan, di hari yang sama, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) juga secara resmi telah merasakan manfaat jargas. Bertempat di Kelurahan Nenang , Anggota Komite BPH Migas, Jugi Prajogio didampingi oleh Bupati PPU Abdul Gafur Masud meresmikan jaringan gas kota sebanyak 4.260 SR.

Jargas di Kabupaten PPU merupakan yang pertama kali dibangun oleh Ditjen Migas, Kementerian ESDM dengan APBN Tahun Anggaran 2018. Jargas Kabupaten PPU ini tersebar di Kelurahan Nenang, Penajam, Nipah-Nipah, Gunung Seteleng dan Sungai Parit .

Dalam sambutannya, Komite BPH Migas, Jugi Prajogio mengatakan “Jaringan gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil sesuai Perpres No. 6 Tahun 2019, dinyatakan bahwa Menteri melakukan perencanaan penyediaan dan pendistribusian gas bumi melalui jargas yang didasarkan pada volume kebutuhan penyaluran gas bumi untuk rumah tangga dan pelanggan kecil, ketersediaan sumber gas bumi, dan ketersediaan infrastruktur penunjang.

Pembangunan jargas di Penajam Paser Utara telah memenuhi kriteria tersebut sehingga Pemerintah juga membangun jargas di sini, untuk masyarakat dapat mendapatkan manfaat dan memperbaiki keekonomian masyarakat”.

“Terkait kebijakan jargas, kami (BPH Migas) memiliki fungsi dalam penetapan harga jual gas bumi untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil, khususnya di Penajam Paser Utara ini telah ditetapkan sebesar Rp. 4.250/M3, harga ini jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan LPG 3Kg. Harapan kami masyarakat dapat merasakan manfaat dari jargas dengan jauh lebih mudah dan murah” tambah Jugi.

Program jargas merupakan program Pemerintah melalui Kementerian ESDM guna memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses energi gas yang murah, mudah dan aman. Sejak dibangun pertama kali pada tahun 2009, total SR jargas yang terbangun dengan dana APBN hingga saat ini mencapai 325.773 SR yang terdistribusi di 16 provinsi, 40 kabupaten/kota. Pada tahun 2019 rencananya akan dibangun sebanyak 78.216 SR jargas di 18 lokasi.

Total jargas yang dibangun di Provinsi Kalimantan Timur sendiri mencapai 34.574 SR yang tersebar di Kota Balikpapan sebanyak 8.849 SR, Kota Bontang 16.965 SR, Kabupaten Penajam Paser Utara 4.260 SR dan Kota Samarinda sebanyak 4.500 SR.Balikpapan – Untuk kedua kalinya, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur mendapatkan program jaringan gas bumi (jargas) bagi rumah tangga dari Pemerintah. (Ryman)