Lampu Tenaga Surya Terangi Jalan Raya di Empat Kabupaten Jatim

oleh -
Penyerahan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi dilakukan oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Sudjipto pada hari Sabtu (9/10). (Foto: ist)

Surabaya, JENDELANASIONAL.COM — Jalan raya di 4 (empat) Kabupaten Jawa Timur, yaitu Gresik, Lamongan, Tuban dan Bojonegoro semakin terang usai hadirnya 1.200 Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU – TS) yang dibangun oleh Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE). Penyerahan unit tersebut dilakukan oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Sudjipto pada hari Sabtu (9/10).

“Masalah infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat menjadi perhatian utama bagi Pemerintah. Untuk itu kami bangun PJU-TS demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Dwi saat penyerahan PJU TS kepada masyarakat Kebomas, Gresik sebanyak 150 unit.

Sementara Kab. Lamongan mendapatkan 450 unit serta Kab. Tuban dan Kab. Bojonegoro yang telah mendapatkan bantuan pembangunan dari Pemerintah masing-masing sebanyak 300 unit.

PJU-TS merupakan lampu penerangan jalan yang menggunakan cahaya matahari sebagai sumber energi listriknya.

“Ini bisa menjadi menjadi solusi untuk digunakan di jalan-jalan pada daerah yang belum terjangkau listrik PLN maupun pada daerah-daerah yang telah terlistriki PLN tapi ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya,” tambah Dwi.

Dwi mengungkapan kehadiran PJU-TS adalah bagian dari implementasi transformasi kebijakan energi dari penggunaan energi konvensional menuju energi energi baru terbarukan. Pemerintah berpesan supaya Pemerintah Daerah menjaga fasilitas PJU-TS yang telah diberikan.

“Nanti akan dikelola dan dipelihara oleh Pemda, saya harap menjaga sebaik mungkin,” pesannya.

Khusus provinsi Jawa Timur, wilayah tersebut mendapatkan alokasi pemasangan PJU sebanyak 3.288 titik di tahun 2018 oleh Kementerian ESDM. Secara keselurahan pada tahun 2018 program ini ditargetkan mampu menerangi jalan raya di 26 Provinsi.

“Kami sudah menggarkan dana sekitar Rp416 miliar dengan jumlah PJU-TS sebanyak 21.864 titik,” tutup Dwi menyelesaikan sambutannya.

Merespon hal tersebut, Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menyambut baik pemberiaan bantuan tersebut karena akan meningkatkan perekonomian rakyat. “Kalau jalannya udah terang, perekonomian masyarakat juga semakin kencang,” sambut Sambari.

Sebagaimana diketahui, sejak tahun 2015 hingga 2018, kementerian ESDM telah membangun sekitar 33 ribu lampu Penerangan Jalan Umum – Tenaga Surya (PJU-TS), mulai dari tingkat provinsi hingga kabupaten.

Dengan memanfaatkan potensi energi matahari yang diubah menjadi energi listrik, pastinya tidak menghasilkan polusi. PJU-TS jadi solusi untuk jalan di daerah-daerah yang belum terjangkau listrik PLN atau daerah yang telah terlistriki PLN, tapi ingin mengurangi konsumsi listrik daerahnya yang sebagian besar masih dipasok sumber energi fosil.

Lampu yang digunakan untuk PJU-TS ini adalah jenis LED, sehingga lebih hemat energi dan memiliki masa pakai yang lebih panjang. Dipasangi panel surya bermuatan 40 watt. Lampu-lampu akan otomatis menyala pada sore hingga pukul pagi hari. Kebutuhan terhadap PJU akan terus berkembang seiring dengan pembangunan daerah dan peningkatan jumlah penduduk. (Ryman)