Menko Luhut Beberkan Progres Proyek Keit Bekapur

oleh -
Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim (Foto: Ist)

JENDELANASIONAL.COM — Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menjelaskan tentang progres pembangunan Kawasan Ekonomi dan Industri Terpadu Bekasi, Karawang, Purwakarta (KEIT BEKAPUR).

Menurutnya, dalam waktu dekat ini pihaknya akan membawa rencana pembangunan salah satu Kawasan Strategis Nasional ini ke tahap Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden Joko Widodo.

“Jadi ini tadi adalah salah satu proyek strategis nasional, kita kerjasama juga dengan Kadin untuk buat studinya ini, dan kebetulan sudah final dan siap kita bawa ke Ratas untuk segera kita mulai,” ujar Menko Luhut kepada para jurnalis dalam briefing Coffee Morning di kantor Kemenko Bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (30-11-2018).

Nantinya apabila sudah beroperasi, KEIT BEKAPUR akan dikelola oleh suatu Badan Otorita (BO) atau Badan Layanan Umum (BLU). Pembentukan BO atau BLU ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas kawasan tersebut yang saat ini diisi oleh 23 kawasan industri (4154 industri).

“14 persen GDP nasional dari sini, ada 23 kawasan industri dan 1,6 juta tenaga kerja disana, Pelabuhan Patimban akan hadir terintegrasi disini, ada Bandara Kertajati juga sebagai International Airport, nah kita mau Industri mobil listrik itu juga ada disana, jadi industri-industri akan kita fokuskan disana dikarenakan hampir 60 persen industri kita ada disana,” jelasnya.

Adapun, pembangunan Pelabuhan Patimban memang ditujukan untuk mengurangi beban proses bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Priok yang selama ini menjadi sentral dari industri-industri di Pulau Jawa bagian Barat.

“Tanjung Priok akan mengurus di wilayah selatan saja, ini akan berpengaruh besar pada beban yang ditanggung Tanjung Priok selama ini, dan Pelabuhan Cilegon akan menangani industri-industri di sekitar Banten. Kalau ini berjalan, kita pasti akan lebih efisien cost-nya, sebenarnya ini salah satu capaian strategis yang sangat luar biasa,” terang Menko Luhut.

Pembangunan Pelabuhan Patimban sendiri akan mulai pada tahap ground breaking pada tahun ini, diperkirakan pada bulan Maret tahun depan akan masuk pada tahap I.

 

Incenerator di DAS Citarum

Menko Luhut pun menyatakan, untuk progress program revitalisasi Sungai Citarum terus menunjukkan kemajuan. Pemerintah, lanjut Menko Luhut juga berencana untuk menempatkan incinerator (alat pembakar sampah yang dioperasikan dengan menggunakan teknologi pembakaran pada suhu tertentu, sehingga sampah dapat terbakar habis, diperkirakan sebesar 95-96 persen volume sampah akan berkurang).

“Citarum terus kita tangani, dana sudah beres dan Satgas Citarum betul-betul diberdayakan, dampaknya akan lebih cepat proses Revitalisasi Sungai Citarum, nanti akan ada incenarator untuk penanganan sampah di sana,” ujarnya.

Menko Luhut pun kembali menegaskan kepada perusahaaan-perusahaan yang tidak membangun Instalasi Pengolah Air Limbah (IPAL), dirinya mengatakan akan mempidanakan perusahaan-perusahaan di sepanjang DAS Citarum apabila masih membandel tersebut.

“Perusahaan-perusahaan itu tidak perlu kita tutup tetapi kita wajibkan siapkan IPAL, kalau tidak maka akan kita pidanakan,” tegasnya. (Ryman)