Menteri Jonan Resmikan Pembangkit Listrik Tenaga Biogas di Tungkal Ulu

oleh -
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) di pabrik milik PT Inti Indosawit Subur di Tungkal Ulu, Jambi, Rabu (24/1/2018). (Foto: Kompas.com)

TUNGKAL ULU –  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan meresmikan pembangkit listrik tenaga biogas (PLTBg) di pabrik milik PT Inti Indosawit Subur di Tungkal Ulu, Jambi,  Rabu (24/1/2018).

Menurut Jonan, upaya swasta untuk membangun pembangkit listrik yang tidak menimbulkan polusi akan selalu didukung pemerintah, walaupun besaran kapasitas terpasang tidak sebesar pembangkit listrik tenaga batu bara.

“Harapannya ke depan setiap ada pabrik pengolahan CPO akan ada pembangkit listrik yang dibangun,” kata Jonan di Tungkal Ulu, Rabu (24/1/2018) seperti dikutip kompas.com.

Head of Operation Asian Agri, Bukit Sanjaya dalam kata sambutannya mengatakan bahwa upaya membangun PLTBg ini sudah dilakukan sejak 2015 sebagai bagian dari zero waste management.

Menurut Bukit Sanjaya, selama ini industri kelapa sawit dipersepsikan sebagai industri yang menyumbang pemanasan global karena minimnya pengolahan limbah sawit.

“Oleh sebab itu, agar industri kelapa sawit berkelanjutan, Asian Agri mengolah limbah cair menjadi energi listrik,” katanya.

Gubernur Jambi Zumi Zola menyambut baik pembangunan PLTBg ini dan berharap sebagian listrik yang dihasilkan bisa diberikan ke masyarakat sekitar pabrik secara gratis.

“Harapan kami ke depan inovasi Asian Agri bisa dikembangkan untuk mewujudkan program Indonesia Terang di Provinsi Jambi,” kata dia.

PT Inti Idosawit Subur merupakan anak usaha Asian Agri di Jambi, yang fokus pada pengolahan sawit. Asian Agri merupakan perusahaan produsen minyak sawit mentah.

Pembangkit listrik tenaga biogas ini berkapasitas 2,2 mega watt (MW). Rencananya, 700 kilowatt dari kapasitas ini akan dipakai sendiri dan sebagian lain akan diberikan ke masyarakat.

Sebagai informasi, Asian Agri sebelumnya telah mengoperasikan enam PLTBg. PLTBg Tungkal Ulu ini menjadi PLTBg ketujuh yang diresmikan sejak 2015.

Asian Agri menargetkan membangun 20 PLTBg hingga 2020.