Nelayan Lombok Tengah Terima 500 Paket Konverter Kit

oleh -

JENDELANASIONAL.COM – Sebanyak 500 paket konverter kit didistribusikan kepada para nelayan kecil di Pelabuhan Perikanan Teluk Awang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat untuk membantu perekonomian nelayan kecil pasca dilanda gempa bumi pada akhir Juli lalu.

Pemberian konverter ini merupakan bagian dari pelaksanaan program konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG), khususnya bagi para nelayan di seluruh Indonesia.

Penyerahan paket diberikan secara simbolis pada Kamis (27/9) oleh Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas, Alimuddin Baso dengan disaksikan oleh Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi dan Bupati Lombok Tengah H. M. Suhaili Fadhil Thohir.

“Pembagian paket perdana konverter kit BBM ke LPG ini diharapkan manfaat penggunaan LPG khususnya untuk kapal nelayan kecil sebagai bahan bakar yang murah, nyaman, ramah lingkungan, dan aman dapat terwujud dengan baik,” jelas Alimuddin.

Adanya konverter kit berbahan bakar LPG, imbuh Alimuddin, akan membantu nelayan menghemat biaya operasional penggunaan LPG sampai dengan sekitar 30% dengan asumsi tanpa ada subsidi. Bila dengan subsidi yang berlaku sekarang ini baik untuk bensin maupun LPG, maka penghematan yang diperoleh bisa mencapai sekitar 50%. Selain itu, penggunaan LPG juga memberikan energi bersih, mengurangi konsumsi BBM.

Pembagian paket perdana konverter kit BBM ke LPG terdiri atas beberapa komponen, yaitu mesin penggerak, konverter kit, baling-baling, 2 buah tabung LPG 3 kg, as panjang dan baling-baling, serta aksesoris pendukung lainnya (reducer, regulator, mixer, dll).

Adapun kriteria nelayan yang mendapatkan paket konverter kit BBM ke BBG sesuai Perpres No.126 Tahun 2015 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Perikanan bagi Nelayan Kecil, antara lain nelayan yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

Pada tahun 2018 ini, sesuai Keputusan Menteri ESDM Nomor 294 K/10/MEM/2018 akan dibagikan sejumlah 25.000 unit konverter kit untuk 55 kabupaten/kota yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Khusus untuk wilayah NTB, paket perdana akan dibagikan 1.921 unit untuk nelayan kecil di Kabupaten Lombok Tengah, Kota Mataram, Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Utara.

Sejak tahun 2016 hingga 2017, Kementerian ESDM sudah membagikan sebanyak 22.554 paket konverter kit ke para nelayan di seluruh Indonesia. Dimana tahun 2017, nelayan di NTB sudah mendapatkan di mana 2.000 paket perdana telah dibagikan kepada nelayan Lombok Timur dan 165 paket perdana kepada nelayan Lombok Barat.

Bantuan gratis ini disambut baik oleh Pemerintah Daerah setempat. Bupati Suhaili Fadhil meminta agar para nelayan menjaga fasilitas ini dengan baik. “Mari kita bersyukur dan berterima kasih atas nikmat dan karunia Allah melalui bantuan dari Pemerintah ini. Semoga juga ini bisa membantu perekonomian nelayan di Lombok Tengah. Sekali lagi terima kasih atas perhatian dan bantuan kepada masyarakat kami di Lombok Tengah,” kata Suhaili. (Ryman)