Perinus Fokus Pada Produksi Tangkapan di Tahun 2019

oleh -
Direktur Keuangan, Umum dan SDM PT Perikanan Nusantara (Persero) Ridwan Zachrie. (Foto: Ist)

Jakarta, JENDELANASIONAL.COM  — Direktur Keuangan, Umum dan SDM PT Perikanan Nusantara (Persero) Ridwan Zachrie menyampaikan pencapaian kinerja Perikanan Nusantara (Perinus) di 2018 dan target kinerja perusahaan di 2019. Perinus mencatat kinerja yang baik di 2018 dan mentargetkan peningkatan kinerja yang signifikan di 2019.

Ridwan menyampaikan bahwa Perinus mengestimasikan pendapatan di tahun 2018 akan mencapai Rp 726 milyar atau 112% dari Target RKAP dengan laba 20 milyar atau 85% dari target dengan capaian asset Rp 835 milyar.

“Di tahun 2019, peningkatan produksi tangkapan akan menjadi fokus bisnis Perinus, dimana untuk mendukung langkah-langkah ini dengan menambah armada kapal, penambahan jumlah mitra nelayan dan perluasan kerjasama operasional (KSO) dengan pemilik kapal dengan pola bagi hasil,” ujarnya dalam siaran pers, di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Di tahun 2019, kata Ridwan, Perinus mentargetkan pendapatan Rp. 900 milyar dan laba Rp. 26 milyar dengan asset mampu menembus Rp 1  Triliun. Perinus mentargetkan peningkatan hasil tangkapan di 2019 menjadi 35.000 Ton yang berarti peningkatan sebanyak 22.41% dan perkiraan pencapaian tahun 2018  di 29.000 Ton.

Untuk perikanan tangkap, Perinus berupaya untuk meningkatkan hasil tanggapan menggunakan kapal milik sendiri sebanyak 40-50% dari total tangkapan demi efisiensi biaya. “Untuk itu akan ada penambahan armada kapal baru dimana di tahun 2018 ini telah mulai dibangun 4 kapal baru dan di 2019 ditargetkan sekitar 5-6 kapal baru sehingga total menjadi 10 kapal baru. Perinus juga mentergetkan 15.000 mitra nelayan dan 10 KSO Operasional Kapal dengan pola bagi hasil,” ujarnya.

Untuk transaksi Ekspor, Perinus  akan merealisasikan kontrak Ekspor US $ 33 juta yang diperoleh di tahun 2018 dengan mitra Jepang dan di 2019 ditargetkan untuk dapat meraih kontrak ekspor mencapai US$ 50 juta dengan mengembangkan pasar ke Eropa dan Timur Tengah.

Sebagaimana diketahui, pada tahun 2018 ini Perinus mencatat keberhasilan mempertahankan “investment grade” oleh lembaga rating Pefindo. Pencapaian ini akan memperkuat kepercayaan Investor terhadap konsistensi kinerja Perinus ke depan.

“Disamping itu, di 2018 Perinus mendapatkan penghargaan atas inovasinya di bidang marketing, pada kriteria Best Branding Award, Best Marketing Award, Best Online Marketing Award,” pungkasnya. (Ryman)