Permintaan Banyak, Jonan Tambah Persediaan PJU-TS di Kabupaten Bogor

oleh -
Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya.(Foto: Ist)

Bogor, JENDELANASIONAL.ID — Pemerintah terus menyiapkan penerangan jalan umum tenaga surya (PJU-TS) di kabupaten dan kota yang membutuhkanya. Salah satunya, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Nantinya, PJU-TS akan digunakan untuk menerangi jalan-jalan yang masih gelap gulita di seluruh Kabupaten Bogor.

Untuk itu, pemerintah menganggarkan 600 PJU-TS di seluruh Kabupaten Bogor.

Namun, jumah itu masih akan ditambah oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan.

Penambahan itu, katanya, dilakukan karena permintaan PJU-TS yang cukup banyak oleh Pemerintah Kabupaten Bogor. “Mengenai Kabupaten Bogor itu dijelaskan 2019 tahun ini akan dibuat 600 (PJU TS), tapi yang diminta (Pemda Kabupaten Bogor) ada 2.000, kita ambil tengahnya 1.000 lah. Mohon titiknya disesuaikan untuk rakyat,” ujar Jonan saat meresmikan instalasi PJU-TS di Pondok Pesantren Nurul Huda, Ciampea, Rabu (20/3/2019).

Nantinya, Ditjen Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBTKE) Kementerian ESDM akan mencari cara agar tambahan 400 PJU TS itu dapat terealisasikan untuk masyarakat.

“Yang sudah dianggarkan 600, tapi pak Menteri minta ditambah jadi 1.000, sisanya nanti kita programkan ulang lagi. Total anggaran Rp 300 miliar,” ungkap Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan (EBTKE) Harris.

Harris menilai tidak perlu menunggu perubahan anggaran pada APBN untuk 400 PJU-TS tambahan. Salah satu alternatifnya adalah memanfaatkan barang sisa pelelangan PJU-TS.

“Nggak harus menunggu APBN perubahan. Misalnya umpama dari lelang kemarin itu ada sisanya, bisa dioptimalkan lagi nantinya,” ujar Harris.

Sebelumnya, pada tahun 2018 Kementerian ESDM telah memasang 900 PJU-TS di seluruh Kabupaten Bogor. Pemasangan itu menerangi jalan sepanjang 45 km. (Ryman)