PNM Kerjasama dengan Kemenpar Dorong UMK di 10 Destinasi Wisata Unggulan

oleh -10 views
PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menjalin kerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam memfasilitasi pembiayaan sektor usaha pariwisata di 10 destinasi pariwisata prioritas. (Foto: Ist)

JENDELANASIONAL.COM – PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM menjalin kerja sama dengan Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dalam memfasilitasi pembiayaan sektor usaha pariwisata di 10 destinasi pariwisata prioritas.

Sinergi ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Arief Mulyadi, Direktur Utama PNM dan Dadang Rizki Ratman, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata di Hotel Raffles, Jakarta pada Kamis (27/09).

“Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas daya saing Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di sektor pariwisata dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja melalui kegiatan kepariwisataan di 10 destinasi pariwisata prioritas, yaitu Danau Toba, Sumatera Utara; Tanjung Kelayang, Bangka Belitung; Mandalika, Nusa Tenggara Barat; Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Pulai Morotai, Maluku Utara; Kepulauan Seribu, Jakarta; Tanjung Lesung, Banten; Borobudur, Jawa Tengah; Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur; dan Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur,” demikian siaran pers Humas PNM yang diterima di Jakarta.

PNM sebagai BUMN yang mengemban tugas khusus memajukan sektor UMK, berkomitmen untuk memberikan kontribusi dalam memberdayakan UMK pelaku usaha pariwisata dengan memberikan pembiayaan dan pendampingan usaha.

“Pendampingan akan diberikan melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang memberikan pelatihan dan pembinaan secara reguler ataupun kelompok yang berdasar pada kebutuhan yang diperlukan oleh pelaku UMK”.

Selain itu, PNM akan berkontribusi menyusun kebijakan tentang pengembangan UMK sektor pariwisara dan melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap pembiayaan dan pengembangan sektor pariwisata.

“Harapannya dengan kerjasama ini, UMK pelaku usaha pariwisata dapat meningkatkan kelas usaha mereka sehingga dapat meningkatkan perekonomian diwilayah pariwisata,” pungkasnya.

 

Tentang PT Permodalan Nasional Madani (Persero)

PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang mengemban tugas khusus memajukan ekonomi kerakyatan dengan memberikan pembiayaan, pendampingan dan pembinaan usaha kepada pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

PNM memiliki dua produk unggulan yaitu Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) yang diperuntukan kepada pelaku UMKM, serta Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) yang memberikan layanan kepada perempuan prasejahtera pelaku usaha ultra mikro.

Dalam merealisasikan komitmen untuk memberikan pendampingan dan pembinaan kepada nasabah, PNM melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) memberikan pendampingan dan pembinaan usaha kepada nasabah, baik berupa pelatihan tematik hingga pembinaan dan pelatihan kelompok usaha (klaster) yang berdasarkan pada kesamaan wilayah ataupun jenis usaha.

Dalam menentukan bentuk kegiatan PKU, PNM melakukan pendalaman terhadap kendala dan peluang usaha para nasabah, sehingga program PKU kami dapat tepat sasaran dan berdampak. Pendampingan dan pembinaan pun diberikan secara berkala dan berkelanjutan.

Saat ini PNM memiliki 2449 kantor layanan, yang terdiri dari 64 kantor cabang PNM, 631 kantor layanan ULaMM dan 1.754 kantor cabang Mekaar. (Ryman)