Proyek PLT Bayu Terbesar di Asia Tenggara Capai 90 Persen

oleh -
Pembangkit Listrik Tenaga Bayu Sidrap. (Foto: Katasulsel.com).

JAKARTA – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap di Kecamatan Watang Pulu Kabupaten Sindereng Rappang Provinsi Sulawesi Selatan hingga saat ini telah mencapai 90% persen.

Dari target 30 Wind Turbin Generator (WTG), sebanyak 25 WTG telah berhasil diselesaikan, sisanya dipastikan akan selesai pada pertengahan Februari ini.

“PLTB Sidrap merupakan PLTB terbesar di Asia Tenggara yang masuk dalam program 35.000 MW,” ujar Kepala Satuan Komunikasi Korporat PLN I Made Suprateka, Senin (15/1/2018).

Sementara itu Direktur Utama PLN Sofyan Basyir menjelaskan bahwa PLN mengawasi tiap detail progres pembangunan untuk memastikan PLTB pertama program 35.000 MW ini bisa selesai sesuai target dengan kualitas yang bagus.

“Dalam pembangunanya PLTB Sidrap menggunakan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) mencapai 40 persen dan berhasil menyerap tenaga kerja lebih dari 500 pekerja,” kata Sofyan seperti dikutip tribunnews.com.

PLTB Sidrap memiliki kapasitas 75 MW. PLN memproyeksikkan mampu melistriki 70.000 pelanggan di Sulsel dengan daya listrik rata-rata 900 VA.

PLTB Sidrap merupakan pembangkit tenaga angin pertama dan terbesar di Indonesia yang memanfaatkan lahan kurang lebih 100 hektar.

Dengan adanya PLTB tersebut tentunya akan memperkuat sistem kelistrikan di Sulawesi Selatan sehingga cadangan daya sistem Sulsel sebanyak 500 MW di tahun 2018.