REI Mitra Terbaik Kementerian PUPR Bangun Sejuta Rumah

oleh -
Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan penghargaan kepada DPP REI sebagai Mitra Terbaik 2017/dok kompas.com

JAKARTA-Program pemerintah dalam mendorong pasokan hunian dan membantu keterjangkauan masyarakat memiliki tempat tinggal cukup baik. Hal itu mendorong pengembang swasta ikut berpartisipasi dengan sungguh-sungguh meskipun sebetulnya secara bisnis margin untuk membangun rumah subsidi sangat tipis.

“Ini tugas mulia pengembang untuk negara,” kata Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata seperti dikutip dari kompas.com di Jakarta, Senin (11/12).

Berdasarkan data sementara yang dihimpun DPP REI, hingga November 2017 lalu jumlah rumah subsidi yang sudah dibangun anggota REI di seluruh Indonesia mencapai 168 ribu unit.

Angka itu di luar 14 ribu unit Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang dibangun DPD REI DKI Jakarta.

“Kami optimistis target pembangunan 200.000 unit rumah subsidi tahun ini bakal tercapai,” kata Eman.

Sejalan dengan upaya terus mendukung program pembangunan sejuta rumah itu, lanjut Eman, REI telah melakukan ujicoba fasilitas video conference untuk mempermudah rapat koordinasi (rakor) rutin dengan seluruh DPD REI se-Indonesia.

Ujicoba yang dilakukan Selasa (5/12) lalu itu REI melakukan telewicara dengan 8 DPD REI antara lain DPD REI DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Bali, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sumatera Selatan.

“Lewat fasilitas ini nantinya pengembang daerah bisa langsung menyampaikan berbagai keluhan di lapangan kepada DPP REI dan pejabat berwenang yang dihadirkan, baik dari perbankan, BPN, kementerian terkait termasuk ditjen pajak,” kata Eman.

Dia mengakui cara ini masih ujicoba dan akan terus diperbaiki. Secara umum respon DPD cukup bagus, apalagi rapat monitoring jarak jauh perdana itu dihadiri Direktur PT Bank Tabungan Negara Tbk. (BTN) Oni Febriarto Rahardjo dan Senior Vice President Non Subsidized Mortgage & Consumer Loan Lending Division Bank BTN, Suryanti Agustinar.

Penghargaan

Awal bulan lalu, Senin (4/12/2017), pada puncak peringatan Hari Bakti PU ke-72 tahun 2017 di Halaman Kantor Kementerian PUPR Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memberikan penghargaan kepada DPP REI sebagai Mitra Terbaik 2017 atas kontribusi asosiasi pengembang tertua dan terbesar di Indonesia dalam mendukung percepatan Program Sejuta Rumah (PSR) yang digalakkan Pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Penyerahan penghargaan itu diserahkan langsung Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, yang diterima Ketua Umum DPP REI Soelaeman Soemawinata. Turut hadir dalam pemberian penghargaan itu Wakil Ketua Umum DPP REI bidang Tata Ruang, Kawasan dan Properti Ramah Lingkungan, Hari Ganie, serta Wakil Ketua Umum DPP REI bidang Komunikasi Ikang Fawzi.

Menurut Eman, dalam setahun terakhir REI telah menerima sejumlah penghargaan dari berbagai lembaga dan media massa terkait komitmennya dalam mendorong pembangunan rumah bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Apapun, penghargaan yang kami terima dari pemerintah adalah kebanggaan dan kehormatan bagi pengurus bukan cuma di pusat, tapi  juga daerah yang sudah bekerja keras melayani anggota. Ini penghargaan untuk seluruh anggota REI se-Indonesia,” kata Eman.

Eman berharap penghargaan ini bisa menjadi pendorong motivasi anggota REI di tahun-tahun berikutnya untuk bekerja keras menyukseskan program strategis pemerintah di bidang perumahan rakyat dan memajukan industri properti.

“Kita juga akan terus mendukung PSR bukan hanya dengan mengejar angka pembangunan rumah subsidi dan nonsubsidi, tetapi juga memberikan masukan-masukan atas kebijakan pemerintah yang kurang applicable di lapangan,” ucap Eman.