Telah Dibangun 18 Sumur Bor di 11 Kecamatan dan 18 Desa di Lamongan

oleh -
Sumur bor di Lamongan. (Foto: esdm.go.id)

Lamongan, JENDELANASIONAL.ID — Kementerian ESDM terus menyalurkan bantuan berupa penyediaan sarana air bersih melalui pengeboran air tanah dalam di daerah sulit air, yang mencakup seluruh wilayah Indonesia.

Mewakili Menteri ESDM, Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Mohammad Hidayat di Desa Lawak, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan, Jumat (18/10) menyerahkan 2 (dua) unit sumur bor bagi masyarakat.

“Dengan tambahan 2 unit untuk Kabupaten Lamongan tersebut, hingga saat ini telah berhasil dibangun sebanyak 18 unit sumur bor yang tersebar di 11 kecamatan dan 18 desa, dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 608 ribu m? per tahun, dan dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk sekitar 27 ribu jiwa penduduk,” ungkap Hidayat seperti dikutip esdm.go.id.

Hidayat menyampaikan, program penyediaan air bersih melalui pengeboran air tanah dalam ini dirasakan efektif dan telah berhasil membantu mengatasi persoalan pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat di daerah sulit air. Oleh karena itu, Pemerintah terus berupaya meningkatkan anggaran untuk program ini, dengan harapan dapat dibangun lebih banyak sumur bor, terutama di daerah yang masih kesulitan air bersih.

“Sampai dengan akhir tahun 2018, Kementerian ESDM telah berhasil membangun sebanyak 2.288 unit sumur bor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekitar 144,4 juta m?/tahun, atau dapat melayani penduduk sebanyak kurang lebih 6,6 juta jiwa. Sumur bor tersebut tersebar di 33 provinsi dan 312 kabupaten/kota di Indonesia,” katanya.

Pada tahun 2019 ini, Kementerian ESDM menargetkan membangun 650 unit sumur bor yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, di antaranya adalah dua buah unit sumur bor yang diserahkan bagi masyarakat Desa Lawak, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan.

Kedua unit sumur bor tersebut memiliki spesifikasi kedalaman rata-rata 125 m, pompa selam 3 PK, reservoir (bak penampung) 5000 L, bangunan rumah panel, dengan debit rata-rata 2 liter/detik dan kapasitas layanan mencapai 2.880 jiwa per sumur. (Ryman)