Terangi Perbatasan, Warga Kepulauan Meranti Terima 211 Unit LTSHE

oleh -14 views
Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. (Foto: Ist)

Riau, JENDELANASIONAL.COM — Desa Batin Suir adalah sebuah desa yang terletak di wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Untuk menjangkau desa tersebut, dibutuhkan waktu tempuh darat selama 3 jam dari pusat kota kabupaten, dilanjutkan jalur sungai dengan speedboat selama 3 jam.

Rabu (6/2), sebagai upaya memberikan akses energi modern kepada masyarakat yang berada di kawasan perbatasan, secara simbolis, Kementerian ESDM menyerahkan 211 unit Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) kepada Bupati Kepulauan Meranti yang dipusatkan di Desa Batin Suir Kabupaten Kepulauan Meranti.

Komite BPH Migas, Marwansyah Lobo Balia, yang mewakili Kementerian ESDM, pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa LTSHE merupakan program terobosan untuk menerangi masyarakat yang belum mendapatkan akses listrik khususnya pada desa-desa yang masih gelap gulita, yang jumlahnya mencapai lebih dari 2.500 desa di seluruh Indonesia. “Paket LTSHE ini dibagikan kepada penerima manfaat yang berada di kawasan perbatasan, daerah tertinggal, daerah terisolir dan pulau terdepan atau jauh dari jangkauan PLN, salah satunya Desa Batin Suir ini,” ujarnya dikutip dari siaran pers Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama, Agung Pribadi.

“Penyediaan dan pemasangan LTSHE merupakan salah satu program yang langsung memberikan manfaat bagi masyarakat menggunakan APBN yang dijalankan dengan komitmen bersama antara Kementerian ESDM dengan Pemerintah Daerah,” imbuh Lobo.

Lobo juga mengungkapkan bahwa LTSHE merupakan perwujudan komitmen Pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. “Program LTSHE merupakan salah satu instrumen untuk memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan akses energi modern sebagai upaya mewujudkan energi berkeadilan,” pungkasnya.

Kabupaten Kepulauan Meranti secara geografis berada pada bagian pesisir timur Pulau Sumatera yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia, yang masuk dalam daerah Segitiga Pertumbuhan Ekonomi Indonesia-Malaysia-Singapura. Hingga saat ini masih terdapat beberapa desa di Kabupaten Kepulauan Meranti yang masih gelap gulita karena belum mendapatkan jangkauan aliran listrik PLN.

Pemasangan LTSHE di Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun 2018 merupakan usulan Pemerintah Daerah Riau, dengan lokasi pemasangan LTSHE di Desa Tanjung Peranap Kecamatan Tebing Tinggi Barat; serta Desa Mengkikip dan Desa Batin Siur Kecamatan Tebing Tinggi Timur. (Ryman)