Tujuh Tokoh Bicara Valuenomics: Bisnis Berbasis Nilai Menciptakan Dunia Yang Lebih Baik

oleh -
Webinar Valuenomics: Purposeful, Value-Driven Businesses for A Better World yang diselenggarakan Values20 atau V20, pada Kamis, 2 Juni 2022. (Foto: Ist)

Jakarta,  JENDELANASIONAL.ID – Tampil menyampaikan pidato kunci di webinar Valuenomics: Purposeful, Value-Driven Businesses for A Better World yang diselenggarakan Values20 atau V20, pada Kamis, 2 Juni 2022, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo mengatakan: “Kita baru saja memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni, maka ini momentum tepat untuk  membicarakan praktik bisnis berbasis Pancasila serta keutamaan nilai-nilai, ujar Kartika. “Dengan kekayaan dan keutamaan nilai-nilai Pancasila, kita dapat membangun Indonesia yang membanggakan, serta menciptakan dunia yang lebih baik bagi umat manusia,” dia menambahkan.

Wakil Menteri BUMN II juga menegaskan: “Bisnis berbasis nilai tak semata-mata menciptakan kemakmuran (prosperity) tapi juga kesejahteraaan (well being). Dua hal ini hendaknya berjalan seimbang, saling melengkapi dalam praktis bisnis. Selain itu, core values organisasi menjadi faktor fundamental sustainability jangka panjang.” Karena praktik bisnis di era masa kini adalah doing good is doing well.

Selain Kartika, ada enam tokoh bisnis dan ekonomi yang hadir sebagai pembicara pada webinar pada Kamis, 2/6/2022. Mereka adalah Shinta Kamdani, Chair Business20 atau B20; Agus Winardono Kepala Bidang V – Culture & Social Responsibility Chambers Forum Human Capital Indonesia (FHCI) dan Direktur Human Capital BRI;  Shiv Khemka, Vice Chairman SUN Group dan V20 Founding Member; Binahidra Logiardi, Kepala Divisi, Corporate Social Responsibility MIND ID; Akhmad Saeful, Wakil Presiden Internal Audit, Manajemen Risiko, dan Transformasi Bisnis, Paragon Technology and Innovation, Delegasi V20 2022;  serta Nicko Widjaja, Founding CEO BRI Ventures dan Delegasi V20 2022.

Webinar yang diawali pengantar yang disampaikan oleh Alissa Wahid, Co-Sherpa V20 2022 ini, menghadirkan topik-topik berkelindan nilai dengan tujuan mengangkat praktik ekonomi dan bisnis-berbasis-nilai yang telah berhasil menelurkan manfaat dan kebaikan bagi masyarakat dan bangsa.

Ketujuh pembicara disatukan oleh pengalaman panjang dari berbagai aspek dalam menjalankan bisnis-berbasis-nilai. Kartika Wirjoatmodjo membahas praktik bisnis berbasis Pancasila dan nilai. Shinta Kamdani memilih topik ekonomi bermakna dan pembangunan nasional. Agus Winardono berbagi bicara tentang AKHLAK (nilai-nilai inti BUMN Indonesia) yang berdampak positif dan signifikan dalam budaya berbisnis. Dari New Dehli, India, Shiv Khemka berbagi ide mengenai peran UMKM dan komunitas start-up dalam implementasi SDGs.

“Lompatan  jauh” hasil bisnis-berbasis-nilai dari aspek sustainability sebagai perwujudan noble purpose korporasi MIND ID disampaikan Binahidra Logiardi.  Akhmad Saeful membagi pengalamannya dalam implementasi dan transformasi nilai-nilai keluarga ke dalam nilai-nilai korporasi – yang berhasil  menciptakan perusahaan yang memiliki makna tujuan. Lalu, Nicko Widjaja mendiskusikan nilai-nilai penting bagi ekosistem bisnis start-up.

Shinta Kamdani, Ketua Engagement Group Business20 atau B20 2022 di putaran G20 2022, menawarkan tiga poin Valuenomics demi tumbuhnya perekonomian yang adil bagi masyarakat luas yakni, “Pertama, meletakkan manusia sebagai prioritas utama sekaligus pusat gravitasi bisnis yang artinya mendahulukan kesejahteraan masyarakat luas dan bukan semata-mata mengejar profit. Kedua, bisnis perlu dikembangkan dalam ekositem inklusif dan berdampak nilai. Ketiga, harus ramah-lingkungan,” ujar CEO Sintesa Group ini.

Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo. (Foto: Ist)

Binahidra Logiardi, Kepala Divisi, Corporate Social Responsibility MIND ID mencontohkan, salah satu implementasi noble purposes korporasi MIND ID pada 2022 adalah menurunkan emisi karbon satu persen. “Ini kontribusi kami dalam pembangunan berkelanjutan dan mendukung perekonomian yang selaras dengan aneka tujuan SDGs,” ujar Beni – panggilan Binahidra. Antara lain, “Penanganan perubahan iklim, menghadirkan energi ramah lingkungan, meningkatkan ketersediaan pangan, juga menyediakan pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi,” Beni menambahkan.

Valuenomics adalah paham ekonomi yang meyakini bisnis-berbasis-nilai akan mampu menghadirkan bangsa sejahtera dan menciptakan dunia yang lebih baik. Webinar ini adalah seri kedua dari empat rangkaian webinar yang dihadirkan CARNIVAL V20 2022 sebagai program side event V20 sepanjang Mei-Agustus tahun ini.

Values 20 atau V20, adalah komunitas global para pemikir dan praktisi di bidang nilai-nilai yang bergerak untuk menyokong G20 dengan menyiapkan solusi kebijakan yang berbasis data dan berpusat pada kepentingan orang untuk menghadapi tantangan global. Penyelenggara resmi V20 2022 dalam ekosistem G20 Presidensi Indonesia adalah Nenilai, suatu inisiatif bersama untuk membangun Indonesia melalui survei dan dialog tentang pentingnya nilai-nilai bagi individu, komunitas, dan bangsa.

CARNIVAL ialah singkatan dari CreAtivity and InspiRatioN In VALues.  Program ini akan mengantarkan berbagai acara yang disiapkan V20 sebagai side events untuk menyongsong Acara Puncak V20 Summit pada 20-21 Oktober 2022 di Bali. ***