Virgin Air Jajaki Penerbangan Australia-Kupang

oleh -

KUPANG-Maskapai penerbangan Australia, Virgin Air tengah menjajaki kemungkinan melayani penerbangan internasional dengan mengambil rute Australia-Kupang, pulang pergi (PP), karena potensi pasarnya sangat mendukung.

“Virgin Air tampak sangat antusias untuk melayani rute penerbangan internasional tersebut (Australia-Kupang, pp), karena potensi pasarnya sangat mendukung,” kata Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Timur Marius Ardu Jelamu saat dihubungi Antara di Kupang, Sabtu (14/4).

Dia mengatakan dalam pertemuan trilateral antara Indonesia, Timor Leste dan Australia di Labuan Bajo, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dari 11-13 April 2018, delegasi dari Australia sangat serius untuk mengisi ruang penerbangan internasional tersebut dengan Virgin Air.

“Pada prinsipnya, ketiga negara (Indonesia, Timor Leste, dan Australia) sepakat untuk saling mendukung konektivitas udara antarwilayah yang saling berbatasan secara langsung itu,” ujarnya.

Ketiga negara tersebut, tambah Marius, selam ini memang sudah terhubung dengan rute penerbangan langsung seperti dari Australia menuju Jakarta dan Denpasar, Australia-Dili, ibu kota negara Timor Leste, maupun Jakarta-Dili.

Namun, rute penerbangan Australia-Kupang belum diisi oleh satu maskapai penerbangan pun, entah dari Indonesia maupun Australia. “Ruang ini tampaknya mau diisi Australia dengan Virgin Air,” imbuhnya.

Sementara delegasi dari Timor Leste, juga mendorong penambahan slot penerbangan untuk Dili-Jakarta serta Dili-Kupang, pp yang masih terbentur pada mekanisme di Bandara Nicolao Lobato Dili.