Ada 2.290 Unit Sumur Bor yang Telah Dibangun Sepanjang 2018

oleh -14 views
Sumur bor bantuan dari Tahir Foundation untuk penyediaan air bersih warga Cibatu, Garut, Jawa Barat. (Foto: Kontan.co.id)

Jakarta, JENDELANASIONAL.COM — Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah membangun 2.290 unit sumur bor sepanjang 2018. Pembangunan bor tersebut tersebar di seluruh wilayah Indonesia, dengan kapasitas debit air bersih mencapai sekitar 144,4 juta m3 per tahun.

Sumur bor ini dapat melayani kurang lebih 6,6 juta jiwa di 33 provinsi.

Kementerian ESDM secara serentak kembali melakukan penyerahan 27 unit sumur bor di empat provinsi yang dibangun dengan anggaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera (APBN) tahun 2018, yang dilakukan pada Kamis (10/1).

Keempat provinsi tersebut adalah Lampung, Bengkulu, Jawa Timur dan Jawa Barat.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi melalu keterangan tertulis mengatakan, sebanyak dua unit sumur bor diberikan kepada Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona di lokasi sumur bor Desa Purworejo, Kecamatan Negeri Katon.

Satu sumur lainnya terletak di Desa Penengahan, Kecamatan Way Khilau, dari kedua sumur ini, kapasitas produksi air bersih mencapai 2.551.262 m3 per tahun.

Selain itu, penyerahan tiga unit sumur bor juga dilakukan di Kabupaten Lampung Tengah, salah satunya di Desa Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah. Tak hanya itu, Kementerian ESDM juga meresmikan lima unit sumur bor di Kabupaten Bengkulu Tengah, satu unit di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, satu unit Kota Probolinggo, Jawa Timur, dan tujuh  Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

“Anggaran yang dibutuhkan unuk satu unit sumur sebesar Rp 420 juta,” ujar Agung. (Ryman)