Amandemen Konstitusi Rusia Tahun 2020

oleh -
Raymond Sihombing, Penulis adalah pengamat Rusia, Pendiri Indonesian Center for Russian and CIS Studies. (Foto: Ist)

Raymond Sihombing*)

JENDELANASIONAL.ID — Berita tentang “Presiden Putin berhasil memenangkan amandemen yang mengijinkannya berkuasa seumur hidup” di beberapa media daring di Indonesia belakangan ini merupakan contoh menarik tentang apa yang sedang terjadi dalam dunia jurnalisme kita di Indonesia. Tentu ini semua mungkin juga terkait dengan politik pemberitaan serta kepentingan masing-masing media yang tentunya beragam.

Sepertinya, media kita di Indonesia menangkap hanya bagian kecil informasi yang berisi opini yang berkembang di atau dari media mainstream yang memang selama ini menjadi acuan berita di tanah air. Bahkan terkadang media-media ini menjadi mercusuar pemberitaan tentang Rusia yang seolah-olah mewakili apa yang sebenarnya terjadi menurut kacamata fakta yang obyektif.

Ini semua terkadang dilakukan hanya semata untuk menciptakan penggiringan opini agar para pemerhati dan pembaca terbawa dalam narasi tertentu yang sengaja dibuat. Ada kekuatiran bahwa media-media yang membuat pemberitaan dengan nada serupa justru tidak mempelajari atau bahkan memahami secara dalam tentang apa yang sebenarnya terjadi di Negara yang berdiri sejak tahun 1991 ini tepatnya setelah Uni Soviet runtuh.

Apakah sebenarnya yang sedang terjadi belakangan ini di Rusia sejak 25 Juni hingga 1 Juli 2020? Saya ingin mengajak kita sekalian untuk melihat tentang 12 Materi perubahan atau amandemen Konstitusi Rusia yang sudah ditentukan melalui “Penentuan persetujuan masyarakat Rusia tentang perubahan/ amandemen konstitusi Rusia secara serentak diseluruh wilayah hukum Federasi Rusia sejak 25 Juni hingga 1 Juli 2020 .

Fakta bahwa Rusia sejak berdiri pada 25 Desember 1991 secara formil yuridis tidak disertasi dengan fakta bahwa negara tersebut pada momen berdirinya telah dilengkapi dengan konstitusi yang siap pakai. Bahkan yang ada saat itu adalah konstitusi Uni Soviet tahun 1978 yang telah mengalami perubahan empat kali sejak pertama kalinya ditetapkan pada tahun 1918.

Ada banyak tulisan dalam jurnal ilmiah hukum yang mengatakan bahwa saat itu, Rusia atau resminya Federasi Rusia hanya merupakan copy paste dari Uni Soviet dikurangi negara-negara yang memilih untuk merdeka sendiri sebagai negara-negara baru. Tepat dua tahun setelah berdirinya Federasi Rusia, pada 12 Desember 1993, setelah melalui Pemilihan umum untuk menentukan persetujuan rakyat atas rancangan konstitusi Federasi Rusia, ditetapkanlah Konstitusi Federasi Rusia yang pertama tahun 1993.

Adapun 12 Materi perubahan Konstitusi Federasi Rusia tersebut berisi tema tentang: Nilai-nilai dalam keluarga termasuk penguatan institusi keluarga serta dukungan terhadap anak sebagai generasi penerus, Perlindungan terhadap tenaga kerja, jaminan sosial, jaminan pelayanan dan bantuan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas, nilai-nilai patriotisme dalam diri para pejabat, perlindungan kedaulatan dan keutuhan wilayah Rusia, tentang kewenangan, stabilitas, dan kemajuan pejabat tinggi negara (Presiden, DPR, Dewan Federasi) dan kekuasaan kehakiman, perlindungan kekayaan alam Rusia, relasi yang baik terhadap hewan/binatang, dukungan terhadap gerakan sukarelawan masyarakat, perlindungan terhadap warisan budaya dan kemajemukan budaya serta suku bangsa di Rusia, dan penggunaan bahasa rusia sebagai bahasa nasional serta perlindungan terhadap perkembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi di Rusia.

Dibawah ini kita dapat melihat detil tentang pasal perubahan serta artinya bagi perkembangan Federasi Rusia sebagai suatu negara yang berdaulat secara utuh.

 

  1. Tentang Nilai-nilai dalam Keluarga.

Keluarga merupakan sumber nilai-nilai moral terutama dan yang tertinggi dalam masyarakat Rusia. Sementara itupula, perubahan konstitusi memperkuat posisi ‘anak’ sebagai prioritas politik / kebijakan dalam negeri.

Perubahan Konstitusi Federasi Rusia 1 Juli 2020 ini memberi jaminan yang lebih baik terhadap dukungan bagi perkembangan yang harmonis untuk anak-anak, serta bertujuan membantu menanamkan pada setiap anak Rusia kecintaan dan kesetiaan terhadap tanah air serta penghormatan bagi generasi pendahulu (termasuk orangtua). Ini didukung oleh pasal perubahan terkait yakni :

Pasal 67 {1} “Anak merupakan prioritas terpenting politik kenegaraan dan politik dalam negeri Rusia. Negara memfasilitasi dukungan terhadap perkembangan dalam segala segi kehidupan seperti segi rohani, moral, jasmani, serta intelektual bagi anak serta menanamkan kecintaan terhadap tanah air, kesadaan serta empati sosial serta penghormatan terhadap generasi pendahulu. Negara dengan menjamin prioritas pendidikan dalam keluarga, bertanggungjawab terhadap anak-anak yang diterlantarkan.”

Pasal 72 “Dalam kerangka kerjasama antara pemerintah Pusat Federasi Rusia dan Pemerintah Subyek Federasi terdapat: …”perlindungan terhadap institusi keluarga, status Ibu, status Ayah dan masa anak-anak; perlindungan terhadap institut perkawinan yang merupakan persekutuan antara PRIA dan WANITA; Penciptaan dukungan terhadap pendidikan terbaik bagi anak dalam keluarga, dan juga untuk menciptakan anak-anak remaja yang merawat orangtua serta bertanggungjawab terhadap mereka.”

Pasal 114 “Pemerintah Federasi Rusia menjamin pelaksanaan kebijakan negara yang terpadu dan yang berorientasi sosial dalam hal mendukung, menguatkan dan melindungi keluarga, dan hal pelestarian nilai-nilai kekeluargaan yang turun-temurun. “

 

  1. Perlindungan terhadap Tenaga Kerja

Tenaga kerja manusia adalah kekuatan bagi keluarga dan negara Rusia. Sesuai amandemen, upah minimum bagi tenaga kerja yang diperkenankan yaitu tidak boleh kurang dari besaran biaya hidup terendah, negara menjamin jaminan sosial wajib bagi masyarakat. Negara menjamin perlindungan terhadap harkat dan martabat warganegaranya serta penghargaan terhadap tenaga kerja manusia..

Pasal 75 : “Federasi Rusia menghargai tenaga kerja tiap warganegara dan menjamin perlindungan terhadap seluruh hak mereka. Besaran Upah Minimum dijamin oleh negara dan tidak boleh kurang dari rata-rata besaran biaya hidup terendah dari tenaga kerja diseluruh wilayah Federasi Rusia.”

Pasal 75 (1): “Dalam wilayah Federasi Rusia… perlindungan terhadap harkat dan martabat tiap warganegara serta penghargaan bagi tenaga kerja manusia dijamin oleh negara.”

Pasal 114: “Pemerintah Federasi Rusia: menjamin realisasi prinsip kerjasama sosial dalam hal Pengaturan tenaga kerja dan hal lainnya yang terkait dengan ketenagakerjaan.”

 

  1. Tentang Jaminan Sosial

Negara Rusia tentang hal ini, menjamin bahwa krisis ekonomi serta guncangan sosial lainnya tidak akan mempengaruhi jumlah dan kualitas segala jenis bantuan dan jaminan sosial bagi warganegara. Hal perubahan ini terkait dengan indeksasi atau Pengaturan pensiun (yang dilakukan minimal sekali setahun), serta berbagai bantuan sosial dan hak sosial lainnya. Dukungan sosial bagi masing-masing individu/warganegara dijamin oleh negara Rusia. Negara menyediakan dan menjamin perbaikan kualitas hidup dan dukungan bagi para warganegara yang cacat/invalid. Adalah kewajiban agar tiap warganegara merasa percaya diri dan merasa terlindungi selama seluruh hidupnya oleh negara.

Pasal 75: menyebutkan ”Dalam wilayah Federasi Rusia sistem jaminan pensiun dibentuk berdasarkan prinsip kemasyarakatan, keadilan, dan solidaritas antar generasi dan fungsi serta efektivitasnya dijamin oleh negara, dan juga indeksasi/ukuran pensiun dilakukan tidak kurang dari sekali setahun yang diatur oleh undang-undang federal.”

Selain itu, pasal ini juga mensyaratkan “Dalam wilayah Federasi Rusia terkait dengan undang-undang federal, jaminan sosial yang diwajibkan, dukungan sosial bagi tiap warganegara dan indeksasi/penetapan angka bantuan sosial serta bantuan sosial lainnya dijamin oleh negara.”

 

  1. Kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi warganegara

Tiap warganegara Rusia berhak menerima bantuan dan layanan kesehatan yang berkualitas dan terjangkau dimanapun warganegara tersebut berada. Ini adalah bentuk perhatian yang dilakukan oleh seluruh level elemen pemerintahan yang berkuasa: baik itu pemerintah tingkat federal, pemerintah regional, dan badan-badan pemerintahan lokal lainnya.

Pasal 72: “Dalam kerangka kerjasama antara pemerintah pusat Federasi Rusia dengan pemerintah subyek Federasi terdapat: jaminan bagi pengadaan bantuan dan layanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas, perlindungan dan penguatan kesehatan masyarakat, penciptaan suasana yang mendukung untuk terciptanya gaya hidup sehat, pembentukan budaya bertanggungjawab tiap masyarakat terhadap kesehatannya sendiri.”

Pasal 132: “Badan-badan kekuasaan lokal sesuai dengan kompetensinya masing-masing menjamin akses terhadap bantuan dan layanan kesehatan bagi tiap warganegara.”

 

  1. Yang boleh berkuasa adalah para patriot / pecinta tanah air (Tentang Patriotisme Pejabat Negara)

Pengabdian terhadap negara merupakan semata-mata pengabdian terhadap bangsa Rusia. Oleh karena itu, para pejabat (dan juga ASN) di Rusia tidak dapat bekerja untuk kepentingan negara-negara asing, tidak dapat mewujudkan cita-cita yang lain selain dari yang ditujukan untuk mewujudkan tugas mengembangkan Negara Rusia dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Para pejabat negara (termasuk ASN) dilarang memiliki kewarganegaraan ganda dan rekening di bank asing. Pembatasan ini berlaku untuk semua dimulai daripejabat tinggi negara sampai pejabat daerah lokal.

Pada pejabat tertentu diberlakukan larangan memiliki ijin tinggal baik sementara maupun tetap diluar negeri yang diatur oleh undang-undang federal, para pejabat negara dilarang membuka dan memiliki rekening (tabungan), menyimpan uang dan aset berharga lainnya di bank-bank asing yang terdapat diluar teritori Federasi Rusia.

Pembatasan ini berlaku untuk:

Pasal 77 : Pejabat Tinggi Negara di Subyek Federasi

Pasal 78 : Kepala Badan Federal

Pasal 81 : Presiden Federasi Rusia

Pasal 95 : Para Senator Federasi Rusia

Pasal 97: Para Anggota Perwakilan Rakyat (DUMA) Federasi Rusia

Pasal 103: Para Komisioner Komisi Hak Asasi Manusia Federasi Rusia

Pasal 110 : Kepala Pemerintahan Federasi Rusia (Perdana Menteri), Wakilnya, Para Menteri Federasi, Para Menteri Subyek Federasi, Para Kepala Badan Federal dan Lembaga Eksekutif lainnya

Pasal 119: Para Hakim Pengadilan seluruh Federasi Rusia

Pasal 129 : Para Jaksa di Federasi Rusia

 

  1. Tentang Perlindungan terhadap Kedaulatan dan Keutuhan Wilayah

Hukum yang terutama dan mendasar memperkuat perlindungan terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah negara yang merupakan satu dari fungsi-fungsi utama lembaga kekuasaan di Rusia.

Tindakan-tindakan yang bertujuan untuk memisahkan atau melepaskan wilayah-wilayah di Rusia tidak dapat diperkenankan. Negara menjamin perlindungan terhadap kebenaran sejarah. Kalau terdapat sebuah putusan organisasi atau lembaga internasional yang bertentangan terhadap konstitusi Rusia, Lembaga Peradilan/Mahkamah Konstitusi wajib memutus apakah putusan tersebut dapat atau tidak dapat dilaksanakan di Rusia.

Pasal 67: “Federasi Rusia menjamin perlindungan terhadap kedaulatannya dan keutuhan wilayahnya. Segala tindakan (kecuali delimitasi, demarkasi, redemarkasi perbatasan negara Federasi Rusia dengan Negara lainnya) yang ditujukan untuk memisahkan atau melepaskan suatu bagian dari wilayah Federasi Rusia dan juga ajakan untuk melakukannya tidak dapat diperkenankan.”

Pasal 67 {1} : “Federasi Rusia menghargai jasa para pejuang atau pahlawan tanah air, menjamin perlindungan terhadap kebenaran sejarah. Tindakan yang merendahkan atau mengurangi arti dari perjuangan bangsa dalam mempertahankan tanah air tidak dapat diperkenankan.”

Pasal 69: “Federasi Rusia memberikan dukungan bagi para warganegaranya yang tinggal diluar negeri dalam hal melindungi hak-hak dan kepentingan mereka serta dalam hal menjaga identitas budaya seluruh suku bangsa yang ada di Rusia.”

Pasal 79 {1}: “Federasi Rusia mengambil segala tindakan yang diperlukan untuk mendukung dan memperkuat perdamaian serta keamanan dunia, untuk menjamin kelangsungan negara-negara serta suku bangsa yang berdaulat, dan untuk tidak membiarkan terjadinya turut campur suatu negara terhadap urusan dalam negeri suatu negara lain.”

Pasal 125: “Mahkamah Konstitusi Federasi Rusia sebagaimana diatur dalam Undang-undang konstitusi federal, memberikan putusan mengenai hal kemungkinan pelaksanaan putusan lembaga atau organisasi internasional, yang diputuskan berdasarkan perjanjian internasional yang dibuat oleh Federasi Rusia dalam penjelasannya yang bertentangan dengan Konstitusi Federasi Rusia dan juga mengenai kemungkinan pelaksanaan putusan pengadilan negara asing atau organisasi internasional, putusan pengadilan arbitrasi negara asing atau arbitrase internasional, yang memberikan kewajiban bagi Federasi Rusia dalam hal putusan tersebut bertentangan dengan dasar keteraturan hukum publik di Federasi Rusia.”

  1. Tentang Kestabilan dan Kemajuan dalam Sistem Pemerintahan (Kewenangan Lembaga Tinggi Negara)

Dalam hal perlindungan terhadap jaminan stabilitas sistem sosial, segala kewenangan antara lembaga dan institusi pelaksana kekuasaan eksekutif dapat ditetapkan ulang. Badan-badan pelaksanaan kekuasaan eksekutif pusat dan daerah dapat secara bersama dan secara efektif menetapkan keputusan dalam kerangka kepentingan warganegara.

Kewenangan-kewenangan DUMA (Perwakilan Rakyat)Federasi dan Dewan Federasi akan diperkuat. Kamar atas dan kamar bawah dalam lembaga perwakilan di Federasi Rusia mempengaruhi pembentukan kabinet Pemerintahan dan Pemerintah serta menentukan Kepala Pemerintahan. Prinsip “dua kunci” merupakan perwujudan kewenangan dalam memutuskan keputusan yang bertanggungjawab terhadap beberapa struktur pemerintahan yang membantu untuk menciptakan keseimbangan dan perkuatan kekuasaan pemerintahan.

Pasal 81: “Isi bagian 3 pasal 81 Konstitusi Federasi Rusia yang membatasi masa jabatan seseorang yang dijabat oleh orang yang sama sebagai Presiden Federasi Rusia, diberlakukan bagi seseorang yang sedang menjabat dan (atau) menjabat posisi Presiden Federasi Rusia tanpa memperhitungkan masa jabatan yang seseorang telah lalui dan (atau) telah akan lalui pada saat amandemen Konstitusi Federasi Rusia ini akan memiliki kekuatan hukum tetap (berlaku) yang memberikan pembatasan tersebut diatas dan tidak mengecualikan untuk seseorang tersebut kemungkinan menjabat posisi Presiden Federasi Rusia dalam masa jabatan yang telah ditentukan oleh hukum.”

Pasal 83: “Presiden Federasi Rusia:

e{5} Membentuk Dewan Federasi Rusia untuk menjamin kerjasama dan fungsi antar lembaga kekuasaan publik, menentukan haluan dasar kebijakan dalam dan luar negeri Federasi Rusia dan tujuan prioritas perkembangan sosial ekonomi negara;

zh} Membentuk Dewan Keamanan Nasional Federasi Rusia yang ditujukan agar Kepala Negara dapat melaksanakan kewenangannya memutuskan masalah yang terkait dengan jaminan kepentingan nasional serta keamanan tiap warganegara, masyarakat serta keamanan nasional.”

Pasal 102 bagian 1

“Dewan Federasi berwenang untuk :

DZ} Melaksanakan konsultasi terkait usul dari Presiden Federasi Rusia untuk kandidat atau calon Jaksa Agung Federasi Rusia, Wakil Jaksa Agung Federasi Rusia, serta para Jaksa diseluruh subyek Federasi Rusia;

K} Melakukan konsultasi terkait usul Presiden Federasi Rusia untuk kandidat atau calon Kepala Badan-badan Federal (termasuk Menteri-menteri Federal), yang bertanggungjawab atas permasalahan keamanan, keamanan nasional, permasalahan dalam negeri, kehakiman, luarnegeri, pencegahan dan penanggulangan bencana serta keamanan masyarakat;

L} Melalui usulan Presiden Federasi Rusia, mencabut kewenangan para hakim Mahkamah Konstitusi Federasi Rusia, hakim Mahkamah Agung Federasi Rusia serta hakim peradilan tinggi Federasi Rusia.

Pasal 103 bagian 1

“Dewan Perwakilan Rakyat atau DUMA Federasi berwenang untuk:

A} Menetapkan calon Kepala Pemerintahan (Perdana Menteri) Federasi Rusia yang diusulkan oleh Presiden Federasi Rusia;

A1} Menetapkan calon wakil Kepala Pemerintahan (Wakil Perdana Menteri) Federasi Rusia dan calon-calon Menteri Federasi yang diusulkan oleh Kepala Pemerintahan (Perdana Menteri) Federasi Rusia…”

Pasal 103 {1} : “Dewan Federasi, Dewan Perwakilan Rakyat (DUMA) Federasi berhak melaksanakan fungsi pengawasan parlemen termasuk mengajukan hak angket kepada para kepala badan negara dan kepala daerah terkait dengan permasalahan kompetensi badan-badan negara tersebut serta para pejabatnya.”

 

  1. Tentang Perlindungan Kekayaan Alam

Rusia merupakan kesatuan wilayah yang kaya dengan harta kekayaan flora serta fauna dunia. Amandemen ini mewajibkan pemerintah untuk mengambil segala tindakan demi melindungi kekayaan alam Rusia, demi menurunkan angka tindakan perusakan terhadap lingkungan, demi melindungi kemajemukan ekosistem yang unik didalamnya. Selain itu, perubahan konstitusi ini mensyaratkan akan adanya peran besar bersama untuk melaksanakan pelestarian ekologi.

Pasal 114: “ Pemerintah Federasi Rusia: melaksanakan segala tindakan yang bertujuan untuk membangun iklim yang menunjang kehidupan masyarakat yang sejahtera, menurunkan tindakan pemanfaatan lingkungan yang negatif dan tindakan lainnya yang merusak alam lingkungan sekitar serta kemajemukan biologis didalamnya. Pemerintah memberikan fasilitas untuk membangun sistem budaya yang bernuansa ekologi dan pendidikan ekologi bagi warganegara.”

 

  1. Tentang Relasi yang Bertanggungjawab terhadap Hewan/Binatang

Masyarakat yang sehat muncul dari relasi yang bertanggungjawab dan merawat saudara-saudara kita yang lebih rendah dari manusia atau yang disebut dengan hewan. Sangatlah penting untuk menciptakan budaya manusiawi dalam relasi manusia dengan binatang, dan tidak memperkenankan kekerasan terhadap mereka.

Relasi bertanggungjawab yang dibutuhkan terhadap binatang/hewan dijamin didalam konstitusi.

Pasal 114: “ Pemerintah Federasi Rusia mengambil segala tindakan yang bertujuan untuk menciptakan relasi yang bertanggungjawab terhadap hewan/binatang dalam masyarakat.”

 

  1. Dukungan terhadap gerakan sukarelawan dan Organisasi Non Profit/Nirlaba

Kemajuan baru dalam perkembangan masyarakat Rusia dewasa ini merupakan hasil perkembangan atau institusionalisasi kelompok aktivis yang berdasarkan pada gerakan sukarelawan (berasaskan kesukarelaan).  Beberapa tahun belakangan ini, gerakan sukarelawan menjadi pelopor didalam masyarakat Rusia yang berorientasi pada nilai moral, pelayanan tanpa pamrih, bantuan serta dukungan bagi yang membutuhkan. Gerakan-gerakan sukarelawan semacam ini sangat membantu khususnya bagi para kaum cacat, memberikan kehangatan dan rasa nyaman bagi orang-orang lanjut usia serta anak-anak, melestarikan alam dengan gerakan penanaman kembali hutan dan pembersihan waduk/saluran air.

Amandemen konstitusi mewajibkan Pemerintah untuk mendukung gerakan sukarelawan dan organisasi non-profit/nirlaba serta memperkuat peran gerakan masyarakat dalam mewujudkan kebijakan negara.

Pasal 114: “ Pemerintah Federasi Rusia: mengambil segala tindakan yang diperlukan untuk mendukung institusi gerakan kemasyarakatan termasuk organisasi-organisasi nirlaba, menjamin peran serta mereka dalam pengelolaan dan pelaksanaan kebijakan negara; mengambil segala tindakan untuk mendukung kegiatan volunteer atau sukarelawan di masyarakat.”

 

  1. Perlindungan terhadap Warisan Budaya

Kekuatan sekaligus kekayaan Rusia terletak pada kemajemukan budaya dan pada persatuan seluruh bangsa yang secara historis telah ada dan berkembang. Amandemen Konstitusi ini menjamin perlindungan terhadap eksistensi budaya bangsa-bangsa, memperkuat fakta bahwa warisan budaya dilindungi oleh negara.

Pasal 67{1}: “Federasi Rusia yang berdiri diatas sejarah beribu tahun lalu, yang melindungi warisan dari para leluhur yang mewarisi kita dengan cita-cita luhur serta iman kepada Tuhan, dan juga dengan kelangsungan perkembangan negeri Rusia, mengakui persatuan bangsa seluruh Rusia yang telah berlangsung secara historis.”

Pasal 68: “Bahasa resmi Federasi Rusia yang berlaku di seluruh wilayahnya adalah bahasa Rusia yang merupakan bahasa bangsa yang terdapat didalam kesatuan seluruh suku bangsa di Federasi Rusia. Budaya di Federasi Rusia merupakan warisan unik kemajemukan bangsa didalamnya. Negara melindungi dan mendukung pelestarian budaya.

Pasal 69: “Negara melindungi identitas seluruh sukubangsa dan etnis di Federasi Rusia, Negara menjamin perlindungan terhadap kemajemukan etnis / sukubangsa dan bahasa. “

 

  1. Tentang Dukungan terhadap Ilmu Pengetahuan di Rusia

Kesejahteraan suatu negara dan masyarakatnya dalam banyak hal tergantung dari potensi serta kekuatan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Amandemen Konstitusi ini mewajibkan Pemerintah untuk menjamin dukungan terhadap perkembangan ilmu Pengetahuan dan Teknologi di Rusia.

Negara akan mengatur teknologi informasi serta menjamin keamanan penggunaan serta penggunanya.

Pasal 71:”Federasi Rusia bertanggungjawab atas teknologi informasi, jaminan keamanan pribadi, masyarakat dan nasional/negara dalam pemanfaatan teknologi informasi, khususnya saat terjadi pertukaran data secara digital.”

Pasal 114:”Pemerintah Federasi Rusia menjamin dukungan negara terhadap perkembangan ilmu Pengetahuan dan teknologi di Federasi Rusia, serta menjamin perlindungan dan perkembangan terhadap potensi dan kemampuan ilmu pengetahuannya. “

Demikianlah 12 materi perubahan Konstitusi Federasi Rusia yang telah disahkan oleh DUMA, Dewan Federasi dan ditandatangani oleh Presiden Rusia pada 4 Juli 2020 lalu. Sebagai suatu momen bersejarah dalam ketatanegaraan serta perkembangan sistem perundang-undangan Rusia, hendaknya kita semua mengapresiasi langkah maju yang dilakukan pemerintahan Rusia sekarang dalam bertransformasi sebagai negara sosial baru yang berdasar pada penghormatan terhadap Tuhan, keluarga, budaya dan tradisi serta pelestarian alam sekitar. Sebagai warganegara dunia yang menjunjung kebenaran, semoga informasi ini menjadi jawaban atas pertanyaan yang muncul ditanah air terhadap apa yang sedang terjadi di Rusia sejak 25 Juni hingga 1 Juli 2020 lalu.

*) Penulis adalah pengamat Rusia, Pendiri Indonesian Center for Russian and CIS Studies