PP GMKI Dorong Menpora Terus Lakukan Inovasi Memajukan Pemuda

oleh -17 views
Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Masa Bakti 2018-2020, yang dipimpin oleh Kornelas Galanjinjinay dan David Sitorus diterima Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi di ruang kerjanya, lantai 10 Kantor Kemenpora RI, Senayan, Jakarta pada hari Rabu (6/2/2019). (Foto: Ist)

Jakarta, JENDELANASIONAL.COM — Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) Masa Bakti 2018-2020, yang dipimpin oleh Kornelas Galanjinjinay dan David Sitorus diterima Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi di ruang kerjanya, lantai 10 Kantor Kemenpora RI, Senayan, Jakarta pada hari Rabu (6/2/2019).

Kehadiran Pengurus Pusat GMKI di Kantor Kemenpora RI disambut hangat oleh Menpora Imam Nahrawi yang didampingi oleh Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh.

GMKI datang dalam rangka menyampaikan aspirasi dan masukan kepada Menpora Imam Nahrawi, terkhusus persoalan kekinian para kaum muda. Beberapa hal yang GMKI soroti, yaitu tentang perpecahan di tubuh KNPI, PSSI dan tentang kekhawatiran pemuda –saat ini sering dikenal sebagai kaum milenial– yang terpapar paham radikal/intoleran dan juga hoaks.

Mengenai perpecahan KNPI, PP GMKI merasa perlu menyorotinya karena GMKI adalah salah satu organisasi pendiri KNPI. Oleh karena itu, menjadi tanggungjawab GMKI juga untuk tetap mengawal dan menjunjung persatuan pemuda di tubuh KNPI, sebagai wadah pemersatu dan perjuangan bersama pemuda, seperti cita-cita diawal pembentukannya.

PP GMKI juga berbicara sekilas tentang PSSI yang akhir-akhir ini mendapat sorotan banyak dari para pecinta olahraga Bola. GMKI melihat kecenderungan para pengurus PSSI bukan berorientasi pada profesionalisme dan prestasi lagi, tetapi melainkan lebih dominan ditunggangi kepentingan dan untuk komoditi politik.

Persoalan lain yang muncul dikalangan pemuda hari ini, soal maraknya penyebaran paham radikal/intoleran dan hoaks juga tak lupa menjadi sorotan dalam pertemuan ini. GMKI melihat, bahwa Kemenpora harus mengambil andil disitu, karena menangani persoalan kepemudaan. Kemenpora disarankan agar aktif melakukan inovasi dalam memberikan pendidikan kebangsaan dan nasionalisme, juga untuk pengembangan dan pemberdayaan pemuda, supaya pemuda Indonesia semakin cerdas dan produktif. Membawa Indonesia jaya dimasa yang akan datang.

Untuk persoalan terakhir, GMKI sejak awal berdirinya telah pro-aktif melakukan pendidikan kader kepada semua anggotanya dimanapun berada, yaitu tentang nilai-nilai Oikumenisme dan Nasionalisme, yang tujuannya adalah untuk menjaga NKRI, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika.

Tak lupa, Ketua Umum PP GMKI M.B 2018-2020, Korneles Galanjinay mengapresiasi kerja keras dan beberapa keberhasilan Kemenpora di jaman kepemimpinan Imam Nahrawi. Salah satu yang paling terasa adalah keberhasilan penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta – Palembang. Korneles juga menilai Menpora telah banyak melakukan kemajuan dan pengembangan di bidang pembinaan kepemudaan Indonesia. Hal ini bisa dicapai tentu karena kerja keras Menpora.

“Berkat arahan dan bantuan dari Menpora, kami hingga saat ini masih konsisten dan eksis menjaga komitmen dan pendidikan-pendidikan kebangsaan kepada teman-teman GMKI di kampus-kampus di seluruh Indonesia,” ujar Korneles.

“Kami dari awal tetap komitmen dan tegas mendorong dan mendukung Pak Menteri melakukan inovasi di berbagai kreativitas untuk anak-anak muda, GMKI khususnya,” tambahnya.

Menpora Imam Nahrawi berharap GMKI kedepan tetap menunjukkan eksistensinya untuk memperkuat posisinya di kampus dan di tengah-tengah masyarakat.

“Tantangan OKP saat ini lebih berat, banyak peluang melahirkan pemimpin-pemimpin di dalam internal organisasi GMKI untuk menginspirasi pemuda lainnya di berbagai bidang, seperti kewirausahaan, kepemimpinan dan lainnya,” jelas Imam Nahrawi.

Beliau juga menambahkan agar GMKI kedepan tetap dominan mengangkat misi kebangsaaan untuk memberantas soal hoaks, ujaran kebencian, paham radikal/intoleran dan lain sebagainya yang jelas mengancam persatuan dan kesatuan bangsa.

“Saya senang saat ini GMKI terus beranjak dewasa dengan tidak selalu disibukkan memikirkan konflik internal kepengurusan, melainkan berjalan cepat untuk berubah lebih baik. Saya ingatkan untuk tetap mengangkat misi kebangsaan harus tetap dominan untuk memberantas sial hoaks, ujaran kebencian dan lainnya,” tegas Menpora sembari mengakhiri sesi pertemuan.

Di akhir pertemuan, Menpor mengucapkan selamat merayakan Dies Natalis GMKI ke-69 tahun dan dilanjutkan dengan penyerahan kenang-kenangan oleh Menpora kepada PP GMKI M.B 2018-2020, yang diterima oleh Ketua Umum Korneles Galanjinjinay didampingi Sekretaris Umum David Sitorus dan pengurus lainnya yang turut hadir. (Ryman)