PMKRI Cabang Timika Berbagi Kegembiraan dengan Anak-anak Sekami Pomako, Papua Tengah

oleh -
Dewan Pimpinan Cabang dan Anggota Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia Santa Theresia Cabang Timika berfoto bersama anak-anak Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner (Sekami) usai Misa di Gereja Santo Fransiskus Xaverius Pomako, Paroki Emmanuel Mapurujaya, Dekanat Mimika-Agimuga, Keuskupan Timika, Papua Tengah, Selasa (10/1). Foto: Istimewa.

Timika, JENDELANASIONAL.ID –  Keluarga besar Dewan Pimpinan Cabang Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (DPC PMKRI) Santa Theresia Timika, Selasa (10/1) berbagi kegembiraan bersama anak-anak Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner (Sekami) di Gereja Santo Fransiskus Xaverius Pomako, Paroki Emmanuel Mapurujaya, Dekanat Mimika-Agimuga, Keuskupan Timika, Papua Tengah.

Dalam ekskursi (kunjungan) sosial tersebut, para pengurus dan anggota PMKRI Cabang Timika, pembina Sekami sekaligus dan Kepala TK Santo Fransiskus Pomako, anak-anak Sekami mengikuti misa yang dipersembahkan Romo Leonardus Ari Wardana SCJ, Pastor Moderator PMKRI Timika sekaligus Pastoral Care Rumah Sakit Mitra Masyarakat (RSMM) Mimika.

Ekskursi sosial sekaligus misa tersebut dalam rangkaian perayaan Natal dan Syukuran Tahun Baru 2023. Kegiatan tersebut merupakan yang pertama kali sejak pelantikan pengurus baru PMKRI Cabang Timika November lalu. Misa bertema Pulanglah Mereka ke Negerinya Melalui Jalan Lain dengan sub tema Bergandengan Bersama PMKRI Cabang Timika Wujudkan Rasa Persaudaraan Dalam Kesederhanaan Kasih.

Pastor Ari Wardana mengatakan, kunjungan dibarengi kegiatan sosial PMKRI Timika bersama umat dan masyarakat, seperti menyambangi anak-anak Sekami. Hal ini merupakan wujud komitmen dan niat baik pengurus dan anggota berjalan lebih dalam, ke tengah masyarakat. Kegiatan ini sangat positif sehingga terus ditingkatkan memasuki tahun baru 2023.

“Kunjungan seperti itu perlu dalam rangka merawat sekaligus membangun kualitas komunikasi dan kolaborasi agar PMKRI sebagai organisasi kemasyarakat benafaskan Katolik semakin berkembang dan dirasakan kehadirannya oleh umat serta berbagai komponen di tengah dunia, khususnya di Keuskupan Timika,” kata Pastor Ari Wardana.

Pastor Ari juga berharap agar pengurus dan anggota PMKRI Cabang Timika terus meningkatkan berbagai kegiatan yang menyentuh kebutuhan berbagai komunitas kecil di lingkup Gereja Katolik seperti anak-anak Sekami di gereja Santo Fransiskus Pomako. Dengan demikian, semangat anak-anak terawat dan mereka tumbuh dalam iman, menjadi terang bagi keluarga dan sesama.

Pembina Sekami Stasi Santo Fransiskus Xaverius Pomako Mersela menyampaikan apresiasi kepada pengurus dan anggota PMKRI Santa Theresia Timika yang telah mengunjungi sekaligus merayakan Natal dan Tahun Baru bersama anak-anak sekami di Gereja St Fransiskus Xaverius Pomako.

“Kami berterima kasih kepada pengurus dan anggota PMKRI Timika turun melakukan kegiatan di sini, ikut membantu kami membangkitkan semangat anak-anak Sekami agar kelak mereka menjadi tumpuan dan harapan gereja. Kita bisa lihat, anak-anak begitu bahagia dikunjungi kakak-kakaknya untuk merayakan Natal dan Tahun Baru bersama skaligus berbagi kebahagiaan,” kata Marsela.

 

Menurutnya, sejak Covid-19 melanda Indonesia dan dunia, termasuk Mimika belum ada kegiatan yang dilakukan bersama anak-anak Sekami. Karena itu, kunjungan keluarga besar PMKRI Timika membawa kebahagiaan tersendiri.

“Waktu saya sampaikan kepada anak-anak Sekami, mereka sangat senang. Selain kegiatan dibuka dengan perayaan Misa, akan diikuti dengan kegiatan perlombaan. Mereka semua sangat senang karena bisa terlibat langsung dalam kegiatan perlombaan,” lanjut Marsela.

Ketua Presidium PMKRI Cabang Timika Mersi Sundung dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada Pastor Moderator PMKRI yang berkenan memimpin perayaan Misa Natal dan Tahun Baru. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada pembina Sekami Gereja Santo Fransiskus Xaverius Pomako yang telah memberikan waktu dan tempat bagi PMKRI Timika melakukan kegiatan tersebut.

“Kiranya kasih dan sukacita selalu menyertai kita semua agar di tahun baru hidup kita dipenuhi bebagai kegiatan positif dalam semangat persaudaraan sejati. Untuk adik-adik Sekami, saya berdoa dan berharap agar tetap semangat, saling mengasihi satu sama lain. Dengan demikian, kelak menjadi kebanggaan orang tua, generasi harapan Gereja, bangsa, dan negara,” kata Mersi.

Presidium Hubungan Masyarakat Katolik PMKRI Timika Moses Wenakomunaro menambahkan, kunjungan kali ini merupakan yang pertama sejak pengurus PMKRI Cabang Timika dilantik November lalu. Melalui perayaan Natal dan Tahun Baru bersama diharapkan antara pengurus dan anggota serta komunitas kecil di tingkat terendah tetap terjalin persaudaraan sejati.

“Saya berharap agar semangat ini tetap tumbuh dan kita rawat Bersama untuk saling menguatkan, terutama dengan adik-adik anggota Sekami. Kami juga berharap agar di waktu-waktu mendatang kami bisa turun dan melakukan hal baik lainnya untuk adik-adik sekalian. Semoga memasuki tahun baru, hidup kita semakin bermakna bagi sesama. Tuhan berkati kita semua,” kata Moses. ***