Badan Geologi Kementerian ESDM Bangun 506 Sumur Bor di Seluruh Indonesia

oleh -17 views
(Menteri ESDM Ignasius Jonan meresmikan sumur bor air bersih. Foto: ist)

Jakarta, JENDELANASIONAL.COM — Badan Geologi Kementerian ESDM membangun ratusan sumur bor di seluruh wilayah di Indonesia. Pembangunan sumur bor itu difokuskan di daerah yang kekurangan air dan ketiadaan pasokan air bersih.

Data Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan bahwa pembangunan sumur bor tahun 2018 ini dimulai di Kota Langsa, Nangroe Aceh Darussalam. Tepatnya dilakukan di Desa Alue Pineng, Kecamatan Langsa Timur, Langsa.

Selanjutnya pembangunan sumur bor dilakukan di Kabupaten Pidie Jaya, tepatnya di Desa Krueng, Kecamatan Bandar Dua, dan di Kabupaten Aceh Tamiang, tepatnya di DesaTanjung Neraca, Kecamatan Manyak Payed.

Walau dekat dengan Ibu Kota Jakarta, dan terkenal sebagai kota hujan, Kabupaten Bogor ternyata juga mengalami kesulitan air bersih. Di kota hujan ini, pemerintah membangun sumur bor pertama di Cibungbulang, Desa Ciaruteun Udik. Selanjutnya Sumur Bor juga dibangun di Gunung Putri, Warujaya, Citaringgul, dan Mekarjaya. Sebagai pamungkas, pembangunan dilakukan di Desa Kuripan, Kecamatan Ciseeng.

Gunung Kidul juga menjadi sasaran pembangunan sumur bor air bersih yang dilakukan pemerintah. Di daerah ini, sumur bor air bersih terdapat di Desa Nglipar, Karangmojo, Patuk, dan Pojong. Selanjutnya terdapat di Desa Gedang Sari, dan Ngawen.

Di daerah bencana juga tak luput dari pembangunan sumur bor tersebut. Seperti di Donggala, yang terdapat di Desa Lero Ngapa, Boneoge, dan Desa Ganti serta Kota Palu, yang terdapat di Desa Petobo.

Selanjutnya terdapat juga di Lombok Barat, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Utara.

Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terkenal sebagai “Kota Karang” juga mendapat perhatian pemerintah. Pembangunan sumur bor dilakukan di Kabupaten Malaka, tepatnya di Desa Kapitan Meo, Kecamatan Laenmanen. Selanjutnya terdapat di Kabupaten Belu, yaitu di Kecamatan Atambua Barat, Desa Tulamalae.

Pembangunan sumur bor air bersih juga terdapat di Kabupaten Rote Ndao, yaitu di Desa Bolatena dan Desa Oebela, serta di Desa Pura Timur, Kecamatan Pulau Pura, Kabupaten Alor.

Pembangunan terakhir yaitu dilakukan di Kabupaten Asmat, yaitu terdapat di Desa Dolog dan Desa Syura, Kecamatan Agats, dan di Kabupaten Biak Numfor tepatnya di Desa Dafuar, Kecamatan Samofa. (Ryman)