Menteri Agama RI Buka Workshop Paduan Suara Gerejani

oleh -
Lukman Hakim Syaifudin

Jakarta – Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin akan membuka Workshop Pelatih Paduan Suara dan Technical Meeting (TM) Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Nasional I malam nanti, Kamis, 5/7. Acara ini direncanakan akan dimulai pada pukul 19.00 WIB di Hotel Merlynn Park, Gambir, Jakarta Pusat.

Panitia acara yakni Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Nasional (LP3KN) merilis bahwa kegiatan ini akan berlangsung selama tiga hari di bawah tajuk “Menyukseskan PESPARANI Katolik Nasional I melalui Peningkatan Kompetensi Pelatih untuk Terwujudnya Seni Budaya Gerejawi yang Hidup”.

Sementara Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan selaku penasihat Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Nasional (LP3KN) akan memberikan pengarahan pada hari kedua, Jumat, 6/7 pada malam hari.

Rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan ialah workshop pelatih paduan suara, Choir Clinic, dan Techical Meeting (TM) PESPARANI I. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan kualitas para pelatih paduan suara dari masing-masing provinsi melalui pembekalan dan pelatihan yang terukur, dan tepat sasaran.

Utusan dari Lembaga Pembinaan dan Pengembangan PESPARANI Katolik Daerah (LP3KD) sebanyak 120 orang dari 34 provinsi akan menghadiri acara ini.

Diharapkan setelah menghadiri acara Workshop Pelatih Paduan Suara dan TM, para peserta dapat turut menyukseskan Pesparani Katolik Nasional I pada Oktober mendatang di Ambon, Maluku.

Workshop ini merupakan bagian dari tugas LP3KN untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas musik gerejani. Disamping itu membimbing LP3KD dalam mengadakan lomba cipta lagu gerejani, kursus/ penataran, pembinaan dirigen, paduan suara, dan musisi gerejani.