Ingat, Besok Jangan Terjebak Politik Transaksional

oleh -
Saut Situmorang
Saut Situmorang

Jakarta, Besok, 27 Uni 2018, akan diadakan Pilkada serentak di berbagai daerah di Indonesia. Mengingat Pilkada ini bertujuan memilih para calon terbaik untuk memimpin di daerah, maka pilihlah yang terbaik.

Bagi para kandidiat agar berani untuk bertarung secara bersih karena kualitas. Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Saut Situmorang, sangat mengharapkan agar peserta Pilkada serta menghidari atau tidak melakukan politik transaksional.

“‎Para kontestan atau calon jangan mengajak masyarakat masuk dalam pusaran arus transaksional dengan menawawarkan kebendaan ataupun uang,” kata Saut Situmorang, Selasa (26/6/2018).

Apalagi saat ini adalah masa tenang sehingga godaan untuk transaksional itu besar sekali. Mereka harus tahu bahwa sisa waktu sekarang harus mereka gunakan untuk merefleksasikan diri tentang apa yang telah dijanjikan pada saat kampanye.‎ Sehingga, nantinya pemenang kontestasi Pilkada dapat langsung menyusun program kerjanya setelah gelaran pencoblosan selesai.

Sedangkan bagi masyarakat yang mempunyai hak pilih, ‎ masa tenang harusnya dijadikan bahan untuk kembali mempelajari tentang karakter, rekam jejak, serta janji-janji terkait para calon pemimpinnya. Hal itu diimbau KPK agar Pilkada dapat menghasilkan pemimpin yang berkualitas.

“Jangan pilih pemimpin yang tidak punya karakter dan integritas yang mensejahterakan dan menggembirakan rakyat. Rakyat tidak akan gembira kalau tidak adil,” jelasnya.

Ditambahkan Saut, para peserta Pilkada yang memberikan hanya memberikan janji atau uang‎ dipastikan tidak akan mensejahterakan rakyatnya. Saut pun memberikan contoh negara yang berhasil menjalankan proses demokrasi yang sejahtera.

“Ada beberapa negara didunia, dimana, rakyatnya gembira walau mereka masih tinggal di gubuk reot tapi karena demokrasinya jalan dengan tanpa tranksional dan pemimpinya berkarakter dan berintegritas. Jadi pemimpin yang akan dipilih dengan tawaran benda atau uang sebaiknya ditolak,” pungkasnya.

Sekadar informasi, kontestasi Pilkada sendiri akan digelar serentak di 171 daerah di seluruh Indonesia. Pelaksanaan Pilkada sendiri rencananya akan digelar pada Rabu, 27 Juni 2018, besok. Saat ini, proses Pilkada telah memasuki masa tenang sebelum nanti pada Rabu digelar pelaksanaan pencoblosan.