Tanggapan Terhadap Isu BBM di Yahukimo

oleh -

Menindaklanjuti pemberitaan media online perihal isu BBM di Yahukimo, dijelaskan bahwa di Kabupaten Yahukimo, pelayanan Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk masyarakat dilakukan oleh SPBU Kompak a/n CV. Kaluku Mas.

Suplai BBM ke Yahukimo melalui jalur laut dan sungai dari TBBM Timika yang membutuhkan waktu lima hari perjalanan (kondisi normal). Namun waktu pengiriman bisa lebih panjang kalau mengalami kendala akibat surut sungai, bisa menjadi dua sampai tiga minggu.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Lembaga Penyalur sudah menambah kapasitas storage. Realisasi SPBU Kompak CV. Kaluku Mas tiga bulan terakhir adalah sebagai berikut September (P190 S50), Oktober (P200 S50), November (P190 S50).

Pengiriman relatif lancar, stock di SPBU Kompak tidak pernah terputus dan selalu tersedia.

Stock terakhir bulan Desember (18 /12/2017) premium 100 KL + Solar 40 Kl ( bisa cukup sekitar 20 hari). Harga jual sesuai Perpres Prem Rp 6450/ltr & Solar 5.150/ltr. Khusus satgas Natal & Tahun Baru, penyaluran akan kami tambahkan sesuai kebutuhan.

Terkait maraknya pengecer yang menjual dengan harga tinggi, telah dilakukan beberapa kali koordinasi dengan Pemda/Bupati untuk melakukan penertiban/pengaturan terhadap pengecer. Penjual eceran BBM tidak mudah untuk dihentikan dalam waktu singkat bahkan di banyak pelosok di pulau Jawa.

Untuk menetralisir pemberitaan, tim Communication Relation sudah menyampaikan juga klarifikasi agar pemberitaan lebih objektif dengan penekanan satu harga berlaku di lembaga penyalur (bukan pengecer). Stock di lembaga penyalur Yahukimo selalu tersedia dan perlunya peran pemda dalam pengawasan/penertiban pengecer.