Masyarakat Kepulauan Togean Kini Nikmati BBM Satu Harga

oleh -
Masyarakat bisa menikmati BBM Satu Harga setelah SPBU beroperasi. (Foto: Ist)

TOJO UNAUNA – Masyarakat di wilayah kepulauan Togean Kabupaten Tojo Unauna kini bisa menikmati Program BBM Satu Harga. Ini berlangsung sejak stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Kompak beroperasi di daerah tersebut sejak akhir Desember 2017 lalu.

“Kami benar-benar merasakan bagaimana rasanya merdeka. Karena harga bahan bakar minyak di kepulauan sudah sama dengan daerah yang lain,” ungkap Kepala Desa Unauna Kecamatan Unauna Sukri Dg Situdju, melalui siaran pers, Kamis (11/1/2018).

Hal itu diungkapkan Sukri kepada Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) Fanshurullah Asa saat melakukan kunjungan kerja ke daerah tersebut.

Sukri mengatakan, sebelum Program BBM satu harga diluncurkan, harga bahan bakar di kepulauan Togean mencapai Rp10.000/liter. Bahkan, saat musim angin barat, harga BBM bisa mencapai angka Rp12.000/liter.

“Tapi sejak SPBU kompak ini resmi beroperasi di Dusun Muara Bandeng, Desa Unauna, Kecamatan Unauna, kelangkaan BBM dan harga yang mahal sudah dapat diatasi,” katanya.

Kepala BPH MIGAS Fanshurullah Asa mengatakan, kedatangannya ke Kepulauan Togean untuk menyaksikan langsung kondisi di lapangan untuk memastikan pelaksanaan program tersebut sudah berjalan dengan baik.

“Kita lihat bagaimana pola distribusinya, ketersediaan stok di SPBU maupun bagaimana respons masyarakat terhadap program ini,” katanya.