Menkominfo Apresiasi Marketplace Konten Footage Pertama di Indonesia

oleh -
Menkominfo, Rudiantara bersama Kepala BEKRAF, Triawan Munaf

JAKARTA-Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara mengapresiasi kehadiran ID Stock Shotsebagai matketplace konten footage, video pendek dan video seri pertama di Indonesia.

“Saya apresiasi apa yang dilakukan Stockshot.ID sebagai pemikiran baru. Stockshot.id memberikan nilai tambah dan merubah cara yang lama menjadi lebih efektif dalam jual beli serta pertukaran konten.” ujar Rudiantara pada Launching Stockshot.ID di Chubb Square Jakarta, Kamis (10/8).

Marketplace seperti stockshot.id memberikan nilai tambah bagi orang-orang yang butuh konten, merubah cara-cara yang lama agar lebih efektif dalam jual beli/pertukaran konten. Kehadiran marketplace ini diharapkan menjadi solusi untuk para perekam gambar dan video serta para pembeli yang ingin membeli konten tanpa melanggar hak cipta siapapun.

Ditambahkan Rudiantara bahwa marketplace menjadi kotak besar bagi e-commerce. “Peta jalan e-commerce baru saja di sahkan. Ini menjadi cara baru pemerintah membuat perencanaan dan arahan yang lebih jelas. Jadi Kementerian dan Lembaga selain memiliki tanggung jawab juga tahu apa yang harus dilakukan dan kapan deadline pelaksanaannya. Kita berharap kontribusi ekonomi digital bisa diatas 10% dari GDP,” ujarnya.

“Kanal komunikasi kita beragam untuk menjangkau segmen masyarakat yang berbeda, mulai dari yang tradisional seperti wayang sampai virtual bagi generasi milenial,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf hadirnya Stockshot.ID menjadi penting. “Marketplace Stockshot.ID Ini sangat penting sehingga perlu terus dipromosikan. Selama ini konten footage biasanya ada di luar negeri. Pesan saya teruskan kreasi jangan cepat menginginkan untung, yang penting harus konsisten.” imbau Triawan.

Stockshot.ID menjadi marketplace konten footage, video pendek dan video seri pertama di Indonesia sebagai hub dan etalase yang memuat footage video mengenai Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. “Kami mempertemukan video creator dengan pembeli di Stockshot.ID. Kami sediakan sistem yang mudah untuk transaksi, konten tentang Indonesia dan menggunakannya tanpa melanggar hak cipta.” jelas VP Marketing Stockshot.ID Diyan Surya.

VP Product Stockshot.id Fauzan Hamdi memandang bisnis marketplace stock footage memiliki potensi yang sangat besar di Indonesia. “Kami sadar bisnis stock footage ini bukan main-main, apalagi di Indonesia yang memiliki konten visual yang sangat kaya. Kami ingin Stockshot.id jadi tuan rumah di negara sendiri,” kata Fauzan.

VP Marketing Stockshot.id Diyan Surya menambahkan Stockshot.id memiliki tiga produk utama yakni footage, video pendek, dan video series. Sejak soft launch pada Mei 2017, Stockshot.id telah menghimpun 13 kontributor, 96 pengguna, 2 ribu footages, 63 video pendek, dan 234 episode video series.

Jenis konten yang ada, bertemakan budaya, wisata, alam, kuliner, serta kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Beberapa nama kreator, ada yang berasal dari production house (PH) maupun individual. Beberapa klien yang pernah membeli konten Stockshot.id di antaranya NHK, Opini.id, NET, Maverick, Garuda Indonesia, dan RTV.