Moody’s Naikkan Peringkat ke Baa2

oleh -
Ilustrasi

Level Tertinggi

Atas peningkatan rating Moody’s dari Baa3 menjadi Baa2 itu, Gubernur BI Agus D.W. Martowardjojo mengatakan, bahwa rating tersebut adalah level tertinggi yang pernah dicapai oleh Indonesia dari Moody’s.

Peningkatan rating tersebut, menurut Agus, juga menjadikan Indonesia kini telah diakui oleh empat lembaga rating internasional berada pada satu tingkat lebih tinggi dari level Investment Grade sebelumnya.

“Pencapaian ini merupakan suatu prestasi besar ditengah masih berlanjutnya ketidakpastian ekonomi global yang mempengaruhi perkembangan ekonomi di kawasan,” ujar Agus seraya menambahkan, hal ini dapat terwujud melalui konsistensi upaya BI bersama dengan Pemerintah dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

Dalam kaitan ini, lanjut Agus, BI akan terus mewaspadai peningkatan risiko global dan mengoptimalkan bauran kebijakan termasuk kebijakan makroprudensial dan pendalaman pasar keuangan dalam menjaga stabilitas perekonomian yang menjadi landasan utama bagi terciptanya pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, berkelanjutan, dan inklusif.

Moody’s sebelumnya memperbaiki outlook SCR Republik Indonesia dari Stable menjadi Positive, sekaligus mengafirmasi rating pada Baa3 (Investment Grade) pada 8 Februari 2017