Gubernur BI Raih Penghargaan Tokoh Ekonomi Syariah

oleh -
Gubernur BI, Agus D.W. Martowardojo, meraih penghargaan sebagai Tokoh Ekonomi Syariah dalam Anugerah Syariah Republika 2017 (6/12) di Jakarta.

JAKARTA-Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus D.W. Martowardojo, meraih penghargaan sebagai Tokoh Ekonomi Syariah dalam Anugerah Syariah Republika 2017 (6/12) di Jakarta.

Penghargaan tersebut diberikan atas peran besar Gubernur Bank Sentral dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah.

Terdapat 8 (delapan) langkah dalam memajukan ekonomi dan keuangan syariah yang mengukuhkan Gubernur BI memperoleh penghargaan tersebut.

Pertama, melakukan edukasi dan sosialisasi ekonomi dan keuangan syariah ke seluruh lapisan masyarakat.

Kedua, bersama dengan BI, Agus D.W. Martowardojo berperan aktif dalam mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah bukan hanya fokus pada sektor keuangan, tetapi juga sektor riil.

Ketiga, mendorong impelementasi inklusi keuangan untuk seluruh lapisan masyarakat.

Keempat, mendorong gerakan non tunai yang menjadi kunci semakin maju dan inklusifnya sektor keuangan di Indonesia termasuk syariah.

Kelima, mendorong pemberdayaan pesantren dengan menjadikan pesantren sebagai contoh model dalam pembangunan ekonomi.

Keenam, menginisiasi zakat core priniciples bekerjasama dengan MUI dan Baznas.

Ketujuh, menginisiasi wakaf core principles bekerjasama dengan MUI, BWI dan para ekonomi, serta Kedelapan, Agus D.W. Martowardojo menjadi chairman I Islamic Financial Services Board (IFSB) dan International Islamic Liquidity Management (IILM) yang menempatkan Indonesia sebagai pemimpin perkembangan ekonomi syariah.

Kedelapan langkah tersebut dianggap menjadi landasan dasar pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia.