Direktorat Jenderal EBTKE Tinjau Lokasi Pemasangan PJU-TS di Wonosobo

oleh -21 views
Peninjauan ke lokasi pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya 2018 di lokasi Jalan Pakuwojo Kelurahan Sumberan Barat, Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo, Selasa (12/2/2019). (Foto: ist)

Wonosobo, JENDELANASIONAL.COM — Kementerian ESDM melalui Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE) melakukan peninjauan ke lokasi pemasangan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya 2018 di lokasi  Jalan Pakuwojo Kelurahan Sumberan Barat, Kecamatan Wonosobo Kabupaten Wonosobo, Selasa (12/2/2019).

Tahun 2018, Kementerian ESDM melalui Dirjen JEBTKE melaksanakan pemasangan PJU-TS di 25 Propinsi dengan jumlah 21.755 unit.

Untuk Provinsi Jawa Tengah telah dibangun 529 unit PJU-TS yang tersebar di 7 Kabupaten yang meliputi Wonosobo, Pemalang, Batang, Pekalongan, Kota Magelang, Magelang, dan Temanggung.  Sedangkan untuk Kabupaten Wonosobo terdapat 226 unit tersebar di 16 kecamatan.

Pada hari yang sama, Kementerian ESDM, melakukan penyerahan dan peresmian  PJU-TS di Desa  Pinang Sebatang, Kecamatan Tuapang, Kabupaten  Siak, Riau, Selasa (12/2/2019).

Acara peresmian ini dihadiri oleh Asisten Daerah II Kab Siak, Hendrisan, Wakil dari  Dinas  ESDM, Maradona, Dinas KLH Kabupaten Wonosobo, Kepala Desa dan Camat, tokoh masyarakat, pemuka agama dan masyarakat.

Tahun anggaran 2018, Kementerian ESDM telah membangun 550 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) yang tersebar di Kabupaten Siak sebanyak 253 titik, kabupaten Meranti sebanyak 100 titik, Kota Pekanbaru 50 titik dan Kan Tokan Hulu sebanyak 147 titik.

Sejauh ini, rasio elektrifikasi di Siak, Riau hampir mendekati 100 persen. “Karena itu, Pemda dan Masyarakat Kabupate Siak menyampaikan ucapan terimakasih kepada Presiden Jokowi (atas bantuan tersebut),” ujarnya. (Ryman)