RI Masuk 5 Negara Terbesar Eksportir Gas

oleh -
Pemerintah membidik kerja sama dengan sejumlah negara terutama di kawasan Timur Tengah yaitu Irak dan Azerbaijan.(Foto: esdm.go.id)

Jakarta, JENDELANASIONAL.COM — Indonesia masuk dalam 5 besar negara eksportir gas alam cair (liquefied natural gas/LNG). LNG Indonesia diekspor paling banyak ke Jepang, Korea Selatan, Taiwan, China, dan Amerika Serikat (AS).

Capaian itu diraih Indonesia pada tahun 2017. Namun untuk saat ini belum ada data terbaru tentang peringkat negara teratas untuk pengekspor gas.

“Indonesia masih berada di peringkat 5 besar pengekspor LNG pada tahun 2017. Sedangkan peringkat 5 teratas konsumen LNG Indonesia adalah Jepang, Korea, Taiwan, China, AS,” kata Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto dalam acara Indonesia-US-Japan LNG Workshop di Hotel Pullman, Jakarta Pusat, Selasa (5/3/2019).

Cadangan gas di Asia Pasifik memegang porsi sebesar 9,4% dari total cadangan gas dunia. Sedangkan China memiliki 2,9% dan Indonesia sebesar 1,53% cadangan gas dunia.

“Sejak tahun 1977, Indonesia menjadi pemain besar dalam bisnis gas dengan 1,53% cadangan gas dunia,” kata Dirjen Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto dalam kesempatan sama.

Djoko mengatakan bahwa ekspor LNG Indonesia sebesar 28,37% sedangkan sisanya digunakan untuk berbagai sektor. Penggunaan gas untuk pembangkit listrik sebesar 12,78%, industri 36,19% hingga diekspor menggunakan pipa 11,33%.

Selanjutnya, bauran penggunaan energi dari gas di tahun 2025 ditargetkan sebesar 22% dan 24% di 2050.

“Kini gas memegang peranan penting dalam bauran energi,” pungkas Djoko. (Ryman)