Tower SUTT Sudimoro Roboh, Besok PLN Pasang Tower Emergency

oleh -
Tower SUTT roboh. (Foto: Ilustrasi)

JAWA TIMUR – PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur berhasil memulihkan kondisi kelistrikan di Pacitan akibat robohnya tower SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sudimoro.

Seperti diketahui, PLTU berkapasitas tegangan 150 kilo volt ampere (KVA) yang terletak di RT 03 RW 09 Dusun Pule, Desa Ketepung, Kecamatan Kebonagung itu roboh dan patah, pada Sabtu (20/1).

Direktur Regional Jawa Timur, Djoko Abumanan melalui siaran pers, Minggu (21/1/2018) mengatakan, pasca SUTT PLTU Sudimoro roboh, pihaknya bergerak cepat memasang tower emergency.

Pihaknya langsung melakukan koordinasi pemasangan dengan para stakholder yaitu Gubernur, Pangdam, Bupati dan pihak lain.

“Kami langsung melakukan koordinasi dengan semua stakeholder untuk pemulihan permanen pasca tower roboh. Pada hari ini, Minggu (21/1) telah dilakukan survei detail kebutuhan material transmisi untuk pemulihan,” ujarnya.

PLN juga telah melakukan survei lokasi dan identifikasi kerusakan, termasuk perijinan pekerjaan ke lingkungan sekitar, seperti ke Kepala Desa dan Ketua RT.

Dia mengatakan, rencana pemasangan akan dilakukan pada Senin (22/1) hingga 28 Januari mendatang.

Pihaknya juga melakukan persiapan perbaikan jangka menengah untuk pemasangan tower secara permanen. Persiapan tersebut misalnya meliputi pembuatan Dokumen RKS Pengadaan dan pemasangan tower permanen tower 94A, 95 dan 97.

Sebelumnya, tower transmisi roboh pada Sabtu pukul 13.55 WIB. Akibatnya, sistem SUTT 150 KV Ponorogo-Pacitan 1/2 dan Pacitan-Nguntoronadi trip/lepas yang berakibat gardu induk Pacitan dan gardu induk Sudimoro padam.

Namun, PLTU Pacitan saat kejadian tidak beroperasi, dan dalam kondisi pemeliharaan, sehingga tidak berdampak pada kapasitas sistem pembangkit Jawa-Bali.