SEA Games 2017 Resmi Ditutup

oleh -

KUALA LUMPUR-SEA Games 2017 di Kuala Lumpur yang dimulai 19 Agustus resmi ditutup. Acara penutupan SEA Games 2017 digelar di Stadion Bukit Jalil, Rabu (30/8/2017) malam. Pre-event sudah berlangsung sejak pukul 20.00 waktu Kuala Lumpur.

Hampir dua pekan, sekitar 8 ribu atlet dari 11 negara berjuang membela negaranya untuk meraih prestasi tertinggi. Sebanyak 405 medali emas, 405 perak, dan 529 perunggu, mereka perebutkan dari total 38 cabang.

Hasilnya, Malaysia secara resmi menjadi juara umum dengan perolehan 145 emas, 92 perak, dan 86 perunggu. Tuan rumah Malaysia telah menyerahkan bendera SEA Games ke tuan rumah berikutnya, Filipina.

Alunan musik dari Disc Jockey (DJ) mengawali pre-event. Kemudian diramaikan dengan marching band dan karaoke masif yang melibatkan seluruh pengunjung di stadion.

Menariknya, salah satu dari tiga lagu yang dinyanyikan bersama-sama adalah soundtrack film anak-anak Upin dan Ipin, yakni ‘Sahabat Selamanya’. Lagu ini sendiri diciptakan oleh grup musik asal Indonesia, Padi.

Acara inti penutupan kemudian dimulai, ditandai dengan lagu kebangsaan Malaysia. Disusul kemudian munculnya arak-arakan atlet dan volunteer SEA Games 2017. Tari-tarian daerah lantas ditampilkan untuk menghibur penonton.

Presiden Komite Olimpiade Nasional Malaysia HRH Tunku Imran selanjutnya memberikan sambutan dan mengucapkan selamat kepada tuan rumah berikutnya, Filipina. Filipina sendiri sejauh ini belum memutuskan di mana kota penyelenggaraan SEA Games 2019.

“Tuan rumah berikutnya adalah Filipina di 2019. Kami mendoakan yang terbaik untuk Filipina sebagai tuan rumah,” ujar Tunku Imran.

Selepas sambutan tersebut, giliran Perdana Menteri Najib Tun Razak menyampaikan kata-kata sekaligus menyatakan bahwa SEA Games 2017 secara resmi ditutup. Bendera SEA Games kemudian diturunkan dan diserahkan ke Komite Olimpiade Filipina, diikuti pemadaman obor SEA Games 2017.

Acara dilanjutkan dengan penampilan penyanyi-penyanyi negeri Jiran, di antaranya yang cukup populer di Indonesia adalah Amy Search dan Sheila Majid.

Berikutnya acara dilanjutkan dengan penyambutan hari kemerdekaan Malaysia, yang memang jatuh pada tanggal 31 Agustus. Lagu kebangsaan kembali diputar dan pertunjukan kembang api menutup acara.