Buku Putih Kebijakan Energi Luar Negeri Indonesia

oleh -
Cover Buku Putih Kebijakan Luar Negeri Energi Nasional Indonesia. (Foto: esdm.go.id)

Jakarta, JENDELANASIONAL.ID — Telah terbit dan beredar Buku Putih Kebijakan Energi Luar Negeri Indonesia di Bidang Migas (KELANI) yang ditulis oleh Anggota Unsur Pemangku Kepentingan (AUPK) Dewan Energi Nasional (DEN) periode 2014-2019.

Buku tersebut berisi gagasan dan pemikiran yang dimaksudkan sebagai masukan kepada pemerintah dalam upaya meningkatkan kerja sama luar negeri pada sub sektor minyak dan gas, dalam rangka meningkatkan cadangan migas nasional dan pada akhirnya akan meningkat pula Ketahanan Energi Nasional.

Seperti dikutip esdm.go.id, kendati pada buku tersebut dicantumkan logo Dewan Energi Nasional (DEN), namun buku tersebut bukanlah hasil karya resmi institusi DEN. Buku tersebut merupakan produk dari anggota DEN dari Unsur Pemangku Kepentingan (AUPK) periode 2014-2019, dan tidak mewakili sikap dan pandangan DEN sebagai institusi.

Menurut Sekretaris Jenderal DEN Saleh Abdulrahman, buku tersebut bukan produk Dewan Energi Nasional sebagai institusi.

“Proses penerbitan buku di DEN memiliki mekanisme tersendiri melalui pengambilan keputusan pada Sidang Anggota maupun Sidang Paripurna terhadap suatu agenda yang terkait dengan tugas-tugas Dewan Energi Nasional,” jelas Saleh Abdulrahman, Senin (10/6).

Untuk itu Saleh berharap publik bisa memahami bahwa buku ini adalah produk AUPK DEN Periode 2014-2019, bukan produk institusi DEN sehingga tidak bisa menjadi acuan resmi dalam pengambilan keputusan pada subsektor terkait. (Ryman)