Terapkan Blockchain, Tingkatkan Transparansi dan Keamanan Layanan

oleh -
Menteri Kominfo Rudiantara bersama dengan Founder dan Direktur OnlinePajak Charles Guinot meluncurkan aplikasi berbasis web OnlinePajak di Djakarta Room, Raffles Hotel Jakarta, Jumat (27/4/2018).

Direktur Utama OnlinePajak, Charles Guinot menjelaskan latar belakang penerapan teknologi Blockchain di perpajakan Indonesia. “Ada sebuah ketidaktransparanan dari sistem pembayaran pajak di Indonesia. Apakah uang yang dibayarkan sudah sampai apa tidak? Dengan teknologi ini semuanya lebih transparan,” jelasnya.

Aplikasi ini dinilai Direktur Eksekutif Central for Indonesia Taxation Analysis Yustinus Prastowo mampu mengatasi minimnya kepercayaan masyarakat atas pengelolaan perpajakan.

Menurutnya jika selama ini mereka merasa tidak mengetahui uang yang dibayarkan digunakan untuk apa, maka teknologi ini menjadi salah satu teknologi yang sangat menguntungkan.

“Sangat prospektif, tidak ada alasan untuk menolak perkembangan ini. Prosedurnya sangat mudah sehingga menjadi sangat efektif. Biasanya total waktu yang harus dilakukan bisa mencapai ratusan jam pertahun, dengan blockchain bisa diperpendek waktunya, juga lebih transparan,” tuturnya