Sektor Pariwisata Sebagai Tonggak Kebangkitan Ekonomi NTT

oleh -
Komodo adalah spesies kadal terbesar di dunia yang hidup di pulau Komodo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT.

JAKARTA-Pelaku kerja kreatif event organizer berskala nasional, Matias Mboi mengatakan potensi pariwisata yang dimiliki Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mendunia sehingga mendapat perhatian besar dari pemerintah pusat. Karena itu, potensi yang besar ini harus dimanfaatkan secara optimal agar memberikan manfaat bagi masyarakat NTT.

“Saatnya menjadikan pariwisata sebagai leading sector pembangunan dan sebagai tonggak kebangkitan ekonomi baru bagi masyarakat NTT,” ujar Matias di Jakarta, Rabu (30/1).

Menurutnya, potensi pariwisata yang dimiliki NTT saat ini telah mendunia bahkan turut mengharumkan nama Indonesia di mancanegara.  Karenanya, sector pariwisata  harus dikembangkan sehingga menjadi lokomotif ekonomi bagi di NTT. Hal ini pada gilirannya dapat mengurangi kesenjangan  yang ada di NTT.

“Selama ini, yang dijual pemerintah daerah ke pusat adalah kemiskinan, kebodohan dn keterbelakangan. Namun dengan pariwisata saat ini,  NTT sudah bisa lebih percaya diri dan terhormat karena tidak lagi dengan cara dan gaya meminta-minta,” tegasnya.

Dia mengatakan, pengembangan sector pariwisata ujar Matias  membuat pemerintah daerah dengan gagahnya membawa potensi NTT ke pemerintah pusat.

“Menjadikan pariwisata sebagai leading sektor akan menggerakan seluruh sektor untuk tumbuh dann berkembang secara linier dan horisontal sehingga akan merubah semua gaya dan prilaku baik masyarakat maupun pemerintah kearah yang lebih kreatif dan produktif,” terangnya.

Dia menyakini, pariwisata akan mendorong terciptanya  nilai tambah produk pertanian yang selama ini hanya bisa menghasilkan barang mentah.

Pariwisata jelasnya akan mendorong sektor pendidikan yang berdaya saing. “Saya kira, pariwisata mendorong standarisasi sektor kesehatan memadai, pariwisata mendorong sektor industri dan perdagangan yang kreatif serta kompetitif,” ulasnya.

Lebih lanjut, Matias mengatakan pariwisata mendorong pemerintah pusat mempercepat pembenahan infrastruktur dasar sepert Listrik, Air Minum Bersih, Jalan Raya.

“Saya sangat sependapat bilamana pemimpin NTT saat ini adalah pemimpin yang memiliki cakrawala yang luas di sektor pariwisata dan menjadikan pariwisata sebagai leading sector pembangunan,” pungkasnya.